Pesona Desa Wisata Jaboi yang Tembus 50 Besar ADWI 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Desa Wisata Jaboi Kota Sabang, Aceh tembus kedalam 50 besar desa terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata 2024. Desa Wisata Jaboi telah berhasil melewati proses seleksi ADWI 2024 yang menjaring sebanyak 6.016 desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia.

Lantas, Bagaimana pesona Desa Wisata Jaboi yang berhasil tembus 50 besar ADWI 2024?

Dilansir jadesta.kemenparekraf, Desa Wisata Jaboi merupakan salah satu desa di wilayah Kota Sabang dan juga terkenal dengan sebutan Pulau Weh. Desa wisata Jaboi juga dianugerahi berbagai keunikan alam berupa gunung api aktif yang memiliki 4 kawah, sungai kecil yang mengaliri air panas dan juga air bersih serta laut yang memiliki terumbu karang dengan variasi warna yang luar biasa. 

Selain itu, Desa Wisata Jaboi menawarkan  kegiatan berwisata berupa menikmati dan berinteraksi dengan alam, wirausaha berbasis masyarakat, kehidupan sosial budaya, aneka seni tradisi dan kearifan lokal yang  masih mengakar kuat di masyarakat dengan suasana khas pedesaan serta keramahan masyarakat yang tinggi.

Berikut objek wisata unggulan di desa wisata Jaboi.

1. Gunung Api Jaboi (Jaboi Volcano)

Gunung api yang ada di desa wisata Jaboi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan gunung api pada umumnya yang ada di Indonesia. Gunung Api Jaboi berada di lereng gunung dengan memiliki 4 kawah dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kawah yang satu ke kawah lainnya. Posisi setiap kawan juga sejajar sehingga mudah untuk diakses oleh para pengunjung. 

    Keunikan lainnya yaitu setiap pengunjung gunung api dapat berjalan langsung dengan ditemani oleh para Guide / pendamping yang terlatih hingga berada pada posisi sangat dekat dengan sumur lahar/lava setiap kawah. Hal ini pada umumnya tidak dapat dinikmati oleh para pengunjung pada gunung api yang lainnya yang ada di wilayah lain Indonesia.

    2. Pemandian Air Panas Jaboi (Jaboi Natural Hot Spring)

      Wisata Pemandian air panas jaboi telah menjadi daya tarik luar biasa bagi pengunjung, baik wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara. Dengan suhu air di atas 40 derajat celcius, kolam ini juga terbukti dan diyakini dapat menjadi wisata terapi  bagi kebugaran dan kesehatan para wisatawan.

      3. Hiking, Trekking dan Camping

      Desa wisata Jaboi sebahagian besar wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan yang pemandangannya langsung menghadap ke Samudra Hindia dan Pulau Sumatra. Potensi ini secara konsisten telah dimanfaatkan oleh para pelaku wisata Jaboi untuk para penikmat wisata alam dengan menyediakan jalur hiking, trekking dan camping. Kenyamanan dan keamanan pendaki menjadi hal utama yang selalu dijaga dan dijamin oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Jaboi. 

      5. Belajar memasak dan menikmati kuliner khas Jaboi

      Jaboi telah terkenal sebagai desa produk kuliner dengan beragam jenisnya. Tersedia berbagai macam makanan, masakan dan oleh-oleh yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Diantara adalah makanan khas Aceh, berupa Kuah jemilan (masakan keong laut), Kuah Boh Kulu (buah kluwih), dan lainnya. Begitu juga dengan makanan ringan yang telah menjadi ciri khas Desa Jaboi berupa Kue Bakpia, Dodol dan Keripik dengan berbagai rasa.

      Foto: jadesta.kemenparekraf