Modal 200 Juta Omzet 2 M, Target Petani Jateng Tercapai Berkat BUMP

Jateng,Gpriority- Badan Usaha Milik Petani (BUMP) di Provinsi Jawa Tengah memberikan kemudahan bagi para petani untuk memperoleh benih dan pupuk, dan penghasilan petani pun melonjak.

Salah satunya yaitu petani dari Kabupaten Cilacap, Sukadi yang mengaku bahwa dengan adanya BUMP pihaknya berhasil memperoleh omzet Rp 2 miliar dengan modal Rp 200 juta dari 16 Agustus kemarin.

Hal tersebut Ia ungkapkan dihadapan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat peluncuran BUMP PT Wijaya Kusuma Pangan Mandiri di Sistem Resi Gudang, Kecamatan Sidareja, Ciacap, Rabu (17/11/2021).

“Petani kita maksimalkan bergabung dengan badan usaha yang jelas dan diakui pemerintah, inilah hasilnya,” katanya.

Gubernur Ganjar Pranowo selaku penggagas BUMP bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan mengatakan petani akan mendapatkan dua keuntungan, yaitu menjual produknya yang sudah untung, dan pada akhir tahun mereka rapat umum pemegang saham.

Sebagai pemerintah, pihaknya terus bertugas memfasilitasi dan mendampingi, dengan para pakar serta aktivis yang peduli untuk mengembangkan.

“Kita mulai tambah pengalaman-pengalaman yang bagus, akan kita tularkan. Sehingga kelak kemudian, tidak usah kita paksa tapi ada semacam demplot-demplot yang petani lain nanti bisa ngikuti dan belajar. Harapan saya, setiap kabupaten punya,” pungkasnya. (Dw.foto.dok.Humas Jateng)

Related posts