Pemkab Halteng Berangkatkan Qori dan Qoriah Ikuti Training Ke Jakarta

MALUT,GPRIORITY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) berangkatkan Qori dan Qoriah di Maluku Utara (Malut) mengikuti training di Jakarta, selama satu bulan. Peserta Qori dan Qoriah sebanyak 10 orang tiba Rabu (30/9/2020) malam di Jakarta, dan didampingi Kabag Kesra Halteng Ustad Yusuf Hasan.

Yusuf Hasan mengatakan Qori dan Qoriah untuk mengikuti training ini dibiayai oleh Pemkab Halteng dalam rangka persiapan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, meski mereka berasal dari kabupaten lain, namun demi membawa nama baik Maluku Utara di MTQN, maka para Qori dan Qoriah harus mendapat pelatihan dari tiga Dewan Hakim Nasional yakni oleh KH. Muhammad Ali, Ustadzah Mawaddah, Ustadzah Maria Ulfah.
Ustadzah Mastiah Lestaluhu pernah juara Qoriah Nasional, kemudian Ustad Darwin Hasibuan adalah juara Internasional, ditambah dengah Ustad Taha Kotu, BA, dan Ustad Arsyad Salasa dari Maluku Utara. “Mudah -mudahan dengan adanya training ini bisa mendapatkan ilmu baru, dan yang utama bisa manfaatkan kesempatan ini dengan baik,” kata Yusuf, Minggu (04/10/2020).

Yusuf menyatakan, Pemkab Halteng selalu berupaya memberikan bimbingan khusus kepada para Qori – Qoriah yang menjuarai MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi Malut yang dilaksanakan di Halteng.

“Tujuan training yaitu, untuk lebih mematangkan persiapan menghadapi MTQ tingkat nasional. Training kepada Qori dan Qoriah adalah keinginan Bupati dan Wakil Bupati, Drs. Edi Langkara dan Abd. Rahim Odeyani sebagai rasa perhatian terhadap potensi yang dimiliki oleh putra dan putri Malut ini, dan mereka memiliki keinginan supaya Qori dan Qoriah bisa berkompetisi MTQN serta mampu ikut MTQ tingkat internasional,” ujarnya.

Ia menyatakan, peserta akan terus mendapat mimbingan dari ustad sampai persiapan benar-benar sudah matang saat bertanding.

“Persiapkan mental apalagi, apalagi para peserta dari berbagai Provinsi yang akan tampil maksimal untuk mendapatkan juara. Kami akan terus melatih mereka dengan baik agar dalam menghadapi MTQ nanti anak – anak kita bisa bersaing dengan baik,” tutupnya. (wmj)

Related posts