Pemprov Sultra Berkomitmen untuk Terus Perbaiki Sistem Merit pada Manajemen ASN

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih Kategori III (Baik) Penerapan Sistem Merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan nilai 255, dan indeks 0,62 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal tersebut dikarenakan adanya Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau Digitaliasi Administrasi Persuratan Berbasis Elektronik melalui Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER).

Aplikasi SISUMAKER merupakan sistem persuratan hasil dari inisiasi dan inovasi dari Bapak Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol (P) DR. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.IK., M.H. sebagai wujud kepedulian beliau dalam upaya meningkatkan sistem layanan administrasi persuratan dilingkungan Pemprov Sultra.

“Pj. Gubernur Andap juga merespon secara Positif terhadap beberapa Rekomendasi KASN terhadap Pelanggaran Sistem Merit di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Sultra, Dra. Hj. Zanuriah, M.Si. saat diwawancarai via telepon.

Berkaitan dengan hambatan yang terjadi dalam mengembangkan Sistem Merit di lingkungan Pemprov Sultra, diakui Zanuriah bahwa mengacu pada delapan aspek penilaian Sistem Merit, permasalahan yang ada sudah tidak terlalu signifikan karena semua aspek telah dilaksanakan dan tinggal dilakukan penyempurnaan data pendukung dari setiap aspek penilaian, dan saat ini sedang dipersiapkan.

Lebih lanjut, Pemprov Sultra juga berkomitmen untuk memperbaiki Sistem Merit manajemen ASN, dengan mengikuti delapan rekomendasi KASN, yang meliputi :

– Aspek 1 : Perencanaan kebutuhan,

– Aspek 2 : Pengadaan,

– Aspek 3 : Pengembangan karir,

– Aspek 4 : Promosi dan Mutasi,

– Aspek 5 : Manejemen kinerja,

– Aspek 6 : Penggajian Penghargaan dan Disiplin,

– Aspek 7 : Perlindungan dan Pelayanan,

– Aspek 8 : Sistem Informasi.

Foto : Pemprov Sultra