Pemprov Sumbar Tanam 8.400 Bibit Mangrove di Pantai Maligi Sasak

Sebanyak 8.400 bibit pohon mangrove dan cemara ditanam oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansarullah dan OPD Sumbar, di Pantai Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat, Rabu (1/9/2021).

Gubernur mengatakan penanaman pohon ini berguna untuk mereduksi tekanan air laut, sehingga pantai terbebas dari abrasi. Selain itu penanaman mangrove juga bisa memajukan objek wisata Pantai Maligi dan bernilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Saya minta masyarakat agar menjaga dan memelihara mangrove yang kita tanam ini, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk jangka panjang,” katanya.

Selain itu, mengingat potensi kelapa di Sumbar cukup besar dan bernilai ekonomis tinggi, maka Gubernur juga telah mencanangkan Satu Juta Menanam Batang Kelapa.

“Semua nagari di Sumbar saat ini kita dorong untuk menanam pohon kelapa, karena semua unsur dari kelapa berguna, mulai dari isi, tempurung, batang dan daunnya juga bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat,” kata gubernur.

Gubernur juga menyampaikan, untuk membantu nelayan akan dipasang 100 rumpon di pantai Maligi. Dengan adanya rumpon ini diharapkan ikan akan lebih banyak bertelur dan berkumpul di sana, selain itu dapat memudahkan nelayan mendapatkan ikan lebih banyak, dan bisa memancing ikan di sana. (Dwi.foto.dok. Humas Sumbar)

Related posts