Jokowi:Bendungan Way Sekampung Multifungsi


Lampung,Gpriority-Kamis (2/9/2021), Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. Ada dua kegiatan yang dilakukan oleh Jokowi yang pertama meninjau pelaksanaan vaksinasi dan kedua meresmikan Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Pringsewu.

Pagi harinya, Jokowi melakukan peninjauan vaksinasi di beberapa lokasi, setelah selesai, Jokowi langsung menuju Kabupaten Pringsewu untuk meresmikan Bendungan Way Sekampung. Setibanya di sana, Jokowi dan rombongan mendapat sambutan yang cukup hangat dari Gubernur Lampung, Gubernur Sumatera Selatan, Bupati Pringsewu dan masyarakat yang hadir.

Setelah itu, Jokowi dipersilahkan naik ke atas panggung untuk memberikan sambutan. “Alhamdulillah, Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan. Bendungan ini menelan biaya Rp1,78 triliun dan memiliki kapasitas tamping 68 juta meter kubik, dengan luas genangan (seluas) 800 hektare,” ucap Jokowi saat mengawali sambutan.

Bendungan ini menurut Jokowi sangat multifungsi, bisa untuk irigasi, air baku, juga untuk pembangkit listrik, serta pengendalian banjir. Bendungan ini juga mampu mengairi 55 ribu hektare daerah irigasi existing dan 17.500 hektare daerah irigasi baru. “Artinya, ini ada ekstensifikasi. Menyediakan air baku hingga 2.737 liter per detik, dan sebagai sumber pembangkit listrik (sebesar) 5,4 megawatt, serta tadi sudah saya sampaikan, juga sebagai pengendali banjir,” kata Jokowi.

“Dengan manajemen air dari hulu sampai ke hilir sistem cascade Way Sekampung ini, ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional kita harapkan dapat kita jaga kontinuitasnya. Terus berproduksi dan meningkatkan produksinya. Intensitas tanam juga bisa ditingkatkan dari semua dua kali setahun, menjadi tiga kali setahun. Artinya, produksi dipastikan akan meningkat. Dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat, ini harapan kita,” tambah Jokowi.

Jokowi dalam sambutannya juga meminta kepada Gubernur Lampung dan Bupati Pringsewu untuk menjaga dan merawatnya. Karena bendungan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya, dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir. (Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts