Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia

Hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Dalam mencapai Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia melalui sejarah dan perjuangan yang panjang.

Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan didampingi Moh. Hatta di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 jam 10.00 WIB. Dilanjutkan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Pemuda Suhud dan eks Shudancho Latif Hendraningrat. Upacara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Dengan kemerdekaan yang sudah kita rasakan sekian tahun lamanya, sebagai rakyat Indonesia perlu selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai wujud nasionalisme. Menjaga keutuhan NKRI juga dapat diartikan sebagai wujud terima kasih kepada pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Kemerdekaan mengajarkan untuk rela melakukan apapun dalam mencapai apa yang diinginkan. Kita juga harus selalu menghargai jasa-jasa para pahlawan, selalu bangkit membanggakan Indonesia dan bendera merah putih.

Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu di antaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati. Dengan kemerdekaan yang didapatkan, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Makna dari menghargai dan menghormati juga dapat diartikan sebagai, tidak membeda-bedakan agama, ras, dan suku dalam bermasyarakat dan kehidupan sosial. Dirgahayu Republik Indonesia. (VIA)

 

 

Related posts