Prabowo Subianto Bentuk Presidential Club, Apa Maksud dan Tujuannya?

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, akan membentuk Presidential Club, yang beranggotakan para mantan Presiden RI. Salah satunya Joko Widodo (Jokowi) yang menyambut baik usulan dari Menteri Pertahanan pada kabinet pemerintahannya tersebut.

Lebih lanjut, Presidential Club yang akan dibentuk Prabowo ini akan beranggotakan SBY, Megawati, dan Jokowi. Lalu apa tujuan dibentuknya Presidential Club ini?

Berdasarkan penuturan dari juru bicara (jubir) Prabowo Subianto, Presidential Club dibentuk agar Presiden RI yang baru itu mendapatkan masukan dari para mantan Presiden RI sebelumnya. Lebih lanjut, Presidential Club ini bukanlah sebuah institusi, melainkan hanya istilah saja.

Adapun, esensi dibalik terbentuknya Presidential Club ini yaitu agar para mantan Presiden RI dapat tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan. Terlebih, dengan dibentuknya Presidential Club ini, Prabowo ingin menjaga silaturahmi antar mantan Presiden RI.

“Pak Prabowo berharap, sebagai bangsa besar para pemimpinnya kompak, rukun, guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak, terlepas dari perbedaan pandangan politik dan sikap politik,” ujar jubir Prabowo, Danhil Azhar Simanjuntak.

Menanggapi niatan baik tersebut, Jokowi bahkan mengusulkan agar pertemuan Presidential Club dapat berlangsung selama 2 kali dalam sehari. Hal ini ia ungkapkan pada Jumat (3/5) kemarin di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Bagus, bagus, bagus. Ya dua hari sekali (bertemu) ya ga apa-apa,” ujar Jokowi sambil memberikan senyuman khasnya.

Foto : Kementerian Pertahanan