Profil Lengkap Ali Baham Temongmere, Sekda Definitif Dan Pj Gubernur Papua Barat Yang Baru Dilantik Presiden Jokowi

Penulis : Nindya Farhah Azzahrah | Editor : Dimas A Putra | Foto : GPriority

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah selesainya masa jabatan Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw, M.Si, pada Rabu (1/11) lalu, akhirnya terpilih satu nama untuk menggantikan jabatannya. Sosok tersebut adalah Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P.

Pada masa jabatan barunya, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. akan mengemban dua tugas penting dalam pemerintahan Provinsi Papua Barat. Pertama adalah sebagai Sekda Definitif, dan kedua adalah sebagai Pejabat Gubernur Papua Barat.

Pada Selasa (31/10), Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. telah melewati proses pelantikan Sekda Definitif Papua Barat yang berlangsung di Kantor Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

Selain itu, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pejabat Gubernur Papua Barat dari Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo.

Atas dasar keluarnya Surat Keputusan (SK) Pejabat Gubernur Papua Barat dari Presiden Jokowi, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. kemudian dilantik sebagai Pj. Gubernur Papua Barat yang baru pada Rabu (1/11) lalu.

Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. merupakan pria kelahiran Kotam, Distrik Fakfak, 12 Juni 1967. Putra pasangan H. Achmad Temongmere dan Hj. Sahara Kiliwouw ini tamat SD di Kotam, pada tahun 1979. Ia kemudian melanjutkan pendidikan SMP di Fakfak pada tahun 1982, dan SMA di Fakfak pada tahun 1985.

Setelah lulus SMA, di tahun 1989 pria berusia 56 tahun ini kemudian lulus tes di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN). Setelah itu ia juga mendapatkan gelar S1 IIP Depdagri di Jakarta pada tahun 1992.

Tak puas dengan gelar S1, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. yang juga merupakan seorang ayah dari 5 anak ini, kemudian melanjutkan studi S2 nya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta pada tahun 2000.

Rekam jejak karier Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. dimulai pada tahun 1986. Kala itu, setelah ia berhasil menjadi CPNS golongan IIa, kemudian melanjutkan sebagai mahasiswa tugas belajar di APDN Jayapura pada tahun 1986.

Karier Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. semakin menanjak dan juga banyak berkontribusi untuk Fakfak. Beberapa diantaranya adalah saat ia menjadi Kepala Distrik Teluk Arguni Kabupaten Fakfak di tahun 1995-1998.
Di tahun 2000-2006, ia menjadi Sekretaris Bappeda Fakfak, dan menjadi Asisten 3 Sekda Kabupaten Fakfak selama 4 Bulan, dari November 2013-Maret 2014.

Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. juga pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Fakfak di tahun 2005-2010. Serta, menjadi Sekda Kabupaten Fakfak dari tahun 2019-2023.

Pada 2021, ia menjabat sebagai Pelaksana Harian Bupati (Plh) Bupati Fakfak selama 1 Bulan yaitu pada tanggal 25 Maret 2021- 25 April 2021.

Menyambut pelantikan Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. sebagai Pj. Gubernur Papua Barat yang baru, mantan Pejabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, berharap kepemimpinan Ali Baham dapat banyak membawa perubahan positif dan dapat banyak berdampak bagi Papua Barat.

Paulus Waterpauw juga mengingatkan Ali Baham agar bijaksana dalam melaksanakan tugasnya sebagai Sekda dan Gubernur Papua Barat di waktu yang bersamaan. Paulus ingin agar Ali dapat terus membangun komunikasi yang efektif dan mengkonsolidasikan diri dalam menjalankan tugas-tugas kesehariannya.