Rencong Batu, Cendramata Khas Aceh Selatan yang Masuk Nominator API 2020

ACEH, Gpriority – Masyarakat Aceh patut bangga, khususnya masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan.

Pasalnya, salah satu kerajinan masyarakat Kabupaten Aceh Selatan yakni Rencong Batu berhasil menjadi salah satu cendramata yang masuk sebagi nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 bersama calon nominasi lainnya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Rencong Batu sendiri adalah merupakan karya inovasi mahasiswa Politeknik Aceh Selatan (Poltas). Yang membuat unik adalah rencong ini terbuat dari batu marmer, bukan terbuat dari bahan logam seperti bahan biasanya.

Di bawah keuletan para mahasiswa dan dosen, batu-batu marmer tersebut diolah menjadi rangkaian senjata khas Aceh yang konon terinspirasi dari lafaz Basmalah.

Rencong sendiri adalah senjata tradisional khas Aceh yang sudah terkenal berabad-abad lamanya. Saat masa kejayaan Kerajaan Aceh tempo dulu, rencong ini menjadi senjata kebanggaan perwira-perwira kesultanan dan cukup ditakuti kaum penjajah ketika bertarung dalam jarak dekat.

Kini perang telah usai senjata ini pun berubah fungsi tanpa mengurangi kehebatannya di mata dunia. Bagi pelancong, rencong menjadi salah satu suvenir yang paling diburu untuk dikoleksi secara pribadi atau pun dijadikan cinderamata.

Berdasarkan informasi berbagi sumber, sejak dinyatakan masuk sebagai salah satu nominator Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori cenderamata terpopuler, orderan rencong batu made in Poltas Aceh Selatan kini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Akibat lonjakan minat pesanan tersebut, pihak workshop marmer dan granit sebagai unit produksi kraft berbahan batu marmer di Politeknik Aceh Selatan mengaku sedikit kewalahan.

Namun hal ini menurut Asbahrul, dosen Teknik Industri yang membidangi produksi rencong batu mengaku sangat bersyukur atas tingginya animo masyarakat terhadap produk unggulan tersebut.

“Semoga saja ini menjadi pertanda baik terhadap kebangkitan dunia Industri khususnya di Aceh Selatan,” ujar Asbahrul, dilansir dari GEMARNEWS.COM.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, Dinas Pariwisata Aceh Selatan turut mengajukan produk hasil karya mahasiswa Politeknik Aceh Selatan tersebut ke event bergengsi nasional bidang pariwisata yaitu Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Diantara potensi wisata yang diajukan, kabupaten penghasil pala ini berhasil menembuskan 2 kategori sebagai nominator yaitu surfing samadua dan rencong batu.(Zul)

Related posts