Roadmap Pengembangan Vokasi SMK

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov.Sultra terus mengawal program peningkatan mutu dan kualitas guru. Guru ini dikirim untuk mengikuti diklat ke balai besar pengembangan penjaminan mutu pendidikan khusus untuk bidang mesin dan Teknik industri. Selain itu juga di sektor pendidikan Sultra kini dibuat roadmap pengembangan vokasi SMK.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D, pertama yaitu roadmap pengembangan vokasi SMK yaitu sinkronisasi dengan dunia kerja. ” Ini peta jalannya diarahkan ke sana sehingga sekolah-sekolah kejuruan kita itu melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi yang menangani. Kita arahkan pada pemetaan unit produksi di sekolah kejuruan ini khususnya di Sulawesi Tenggara untuk memperkuat layanan pada unit produksi,” kata Asrun.

Asrun mengungkapkan saat ini baru kerja sama dengan SMK Kemaritiman yang menjadi salah satu inovasi dari Pak Gubernur. “Sekarang Bapak Gubernur membangun SMK Kemaritiman dengan murni APBD, jadi ini di dunia pendidikan Sultra, sangat mendorong masyarakat untuk bisa mengarahkan siswa masuk SMK, dikarenakan menjanjikan untuk skill saat nanti mereka Kelas 3, mereka akan magang di lembaga atau dunia industri yang sudah ber-MOU itu,” imbuhnya.

Hal paling penting juga, kata Asrun, penguatan basis SDM guru dan pengarahan kepada peserta didik yang pada saatnya nanti magang mereka benar-benar magang pada dunia usaha industri yang relevan. “Maka pada saat ini kita akan dorong untuk penguatan kapasitas guru dan juga penguatan kapasitas siswa yang tentu pertanyaan terakhir adalah mereka kalau sudah selesai tamat sekolah akan butuh modal. Nah kita akan upayakan kerja sama dengan perbankan setelah pemetaan unit usaha SMK dilakukan. Selanjutnya maka akan didorong dalam segi penyertaan modal dalam layanan unit produksi sehingga terwujudnya program Bappenas 4.0.(ADV)

 

Related posts