Rusun Khusus Peneliti LIPI Yang dibangun Kementerian PUPR Mampu Meningkatkan SDM

Cibinong,Gpriority-Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang penelitian, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan membangun rumah susun (Rusun) bagi para peneliti dan pegawai di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Bogor.

“Rusun ini dibangun untuk para peneliti dan pegawai di LIPI,” ujar Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR M. Hidayat di sela-sela Gerakan Tanam Pohon Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR di halaman Rusun LIPI Bogor, Senin (25/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR Kartika Basuki Hadimuljono, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Dr. Ir. Agus Haryono, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Bisma Staniarto, Kepala Biro Umum LIPI Amas dan puluhan anggota Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR seperti dijelaskan M.Hidayat berharap dengan dibangunnya Rusun ini, para peneliti ke depannya bisa lebih fokus dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Apalagi Rusun ini lokasinya tidak jauh dari Cibinong Science Center Botanical Garden yang merupakan tempat kerja para peneliti LIPI.

” Berdasarkan data yang ada, setidaknya telah dibangun tiga tower Rusun untuk peneliti LIPI setinggi empat lantai. Tower pertama dan kedua dibangun pada tahun 2013 dan 2015. Sedangkan tower ke tiga dibangun pada tahun 2018 lalu,”ucap M.Hidayat.

Khusus untuk tower ke tiga seperti dituturkan M.Hidayat, seluruh unit Rusun yang berjumlah 58 unit yang dibangun dengan tipe 36 telah dilengkapi meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja, kursi tamu serta satu set meja dan kursi makan. Selain itu, beberapa fasilitas juga telah tersedia seperti ruang minimarket, ruang serbaguna dan sekretariat RT.

“Jumlah anggaran untuk pembangunan Rusun LIPI di Bogor untuk Rusun yang dibangun tahun 2018 lalu beserta meubelairnya sekitar Rp 16,8 Milyar. Kami harap Rusun ini bisa mempermudah para peneliti LIPI untuk memiliki tempat tinggal yang layak huni serta fokus dalam melaksanakan penelitiannya,” harapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Dr. Ir. Agus Haryono menuturkan, pihak LIPI mengucapkan terimakasih atas bantuan Rusun dan perhatian khusus Kementerian PUPR terhadap para peneliti di Indonesia.
Menurutnya bantuan Rusun LIPI di Cibinong, Bogor ini sangat bermanfaat bagi para peneliti.
Haryono menerangkan, LIPI memiliki berbagai pusat penelitian seperti biologi, bio teknologi, material, Pusbindiklat peneliti dan lokasi penelitian lainnya. Keberadaan Rusun yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja juga akan mempermudah peneliti untimuk bekerja di laboratorium LIPI.

“Kami berharap para peneliti di LIPI bisa bekerja lebih semangat dan melaksanakan tugas dengan baik. Rusun ini juga bermanfaat untuk tempat tinggal para peneliti muda yang membutuhkan hunian yang layak” terangnya.

LIPI, imbuhnya, juga tengah mengembangkan koleksi tanaman air dan pembangunan fasilitas pengomposan untuk menghijaukan tanaman di Kebun Raya Cibinong yang lokasinya tidak jauh dari Rusun LIPI tersebut.

“Kami juga akan membangun Kebun Raya Cibinong seluas 185 hektar. Kami berharap Kementerian PUPR bisa ikut memberikan bantuan dalam rangka pembangunan kebun raya di 25 daerah di Indonesia. Nantinya Kebun Raya tersebut akan diisi dengan berbagai tanaman endemik daeah sehingga bisa di pelihara supaya tidak punah dan menjadi wahana wisata bagi masyarakat,” tutupnya.(Hs) 

Related posts