Sandiaga Uno: Ekonomi Bangkit Dimulai dari Desa

Destinasi wisata masih menjadi primadona sehingga menjadi salah satu sektor kebangkitan perekonomian terutama di desa-desa. Hal inilah yang disadari betul oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata, untuk itulah mereka giat membangun desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

Hadirnya desa wisata sendiri terbukti telah menciptakan banyak peluang usaha dan lapangan kerja baru, seiring dengan semakin masifnya kunjungan ke desa wisata-desa wisata di daerah. “ Alhamdulillah berkat adanya desa wisata maka lapangan kerja mulai banyak terbuka, tak hanya itu ekonomi sendiri mulai bangkit,” jelas Menparekraf Sandiaga Uno dalam siaran persnya pada Minggu (9/1/2021).

Selain itu, Mas Menteri begitu biasa Sandiaga Uno dipanggil juga menjelaskan ada 5 desa wisata yang memang patut dikunjungi karena keindahan alamnya. Berikut desa wisata yang dimaksud.

1.Desa Wisata Arborek, Raja Ampat Papua

Masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia menandakan bahwa Desa Wisata Arborek bukanlah desa wisata biasa. Keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan pasir putih dan bawah laut yang begitu menawan membuat Arborek bisa menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Tak perlu khawatir saat akan menyelam atau berada di sana, karena pemandu wisata lokal siap menemani.

  1. Desa Wisata Pujon Kidul

Di desa wisata yang terletak di Kabupaten Malang, kita dapat menikmati sunrise yang indah dan merasakan suasana hangat nan otentik di Kampung Budaya. Berbagai kegiatan menarik seperti membuat aneka olahan susu, belajar membatik tulis, topeng dan bermain gamelan menjadi alasan kenapa Desa Wisata Pujon Kidul direkomendasikan untuk dikunjungi.

3.Desa Wisata Selasari’

Desa Wisata Selasari terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Destinasi ini terkenal dengan wisata berbasis alam dan budaya seperti berpetualang mengikuti river turbin, sekaligus menikmati keindahan alam, menjelajahi sungai, berpetualang melintasi jeram,memasuki beberapa gua dan melintasi arum jeram.

4.Desa Wisata Cisande

Kabupaten Sukabumi mempunyai satu desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namanya Desa Wisata Cisande. Di sana, Anda akan disuguhkan beragam wisata berbasis edukasi yang pastinya tidak akan membuat jenuh.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)      

Related posts