Sosok Anita Jacoba Gah, Komisi X DPR Yang Viral Usai Maki-Maki Mendikbud Nadiem

Jakarta, GPriority.co.id – Nama komisi X DPR Anita Jacoba Gah, menjadi viral usai videonya yang sedang memaki-maki Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem, ramai di media sosial. Dalam dua hari ini, video luapan emosi Anita menjadi viral di TikTok sejak Rabu (5/6/2024) kemarin.

Aksi marah-marah wanita perwakilan NTT ini membuat Nadiem terdiam karena terkena semprot. Kejadian ini terjadi dalam rapat kerja Komisi X DPR membahas anggaran Kemendikbud di Gedung Parlemen, Rabu (5/6/2024).

Dalam video yang viral di medsos tersebut, , Anita tampak marah saat mengkritisi permintaan tambahan anggaran Kemendikbud sebesar Rp25 triliun pada 2025 mendatang. Politisi Partai Demokrat ini menyinggung perihal laporan penggunaan anggaran Kemendikbud Ristek di tingkat Dinas Pendidikan yang dirasa tak tepat sasaran.

“Tapi coba turun ke rakyat, turun ke penerima orang tua. Kalau enggak, lihat itu orang tua punya air mata, omong kosong, nama ada, SK ada, uang nol!” ujar Anita.

Selain itu Anita juga turut merekomendasikan agar ada pemeriksaan APBN dari Kemendikbud Ristek terhadap PIP, KIP, dana BOS. Karena menurutnya, hal itu tak sesuai sejak 2021-2023.

Ketika menerima cecaran tersebut, Nadiem Makarim beserta jajaran yang hadir di rapat tersebut tampak terdiam. Momen ini pun tak luput dari sorotan netizen di media sosial.

Foto : Parlementaria DPR RI