Sudjati Proyeksi Pangan Bulungan Tahun 2021

Bulungan, Gpriority – Bupati Bulungan, Sudjati SH memproyeksikan Bulungan sebagai pusat pangan berbasis industri hingga 2021.

Menurut Sudjati, visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bulungan Sudjati-Ingkong Ala, yang terangkum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga saat ini harus direalisasikan.

“Saya yakin menjelang masa akhir jabatan, realisasi visi dan misi itu masih bisa dimaksimalkan,” kata Sudjati, Rabu (15/9/2020).

Dirinya membenarkan adanya kerjasama Pemerintah Bulungan di bidang pengembangan pangan dengan pihak swasta, yakni PT. Sikumis.

“Ini salah satu harapan yang harus dijaga,” tambahnya

Sudjati mengakui, progres saat ini belum signifikan, akan tetapi khusus pengembangan pangan dirinya memastikan produksinya sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Mudah-mudahan pada akhir masa jabatan ini bisa, meskipun tidak tuntas semua tetapi mayoritas bisa terealiasi,” ucapnya.

Sudjati menjelaskan, saat geliat pembangunan pangan sudah kelihatan, dirinya tetap optimis meskipun menjelang akhir tahun.

“Masih bisa, sekarang itu tinggal mendorong masyarakat. Kan kita sudah melakukan sinergi pembangunannya, seperti di Sajau terkait pertanian jika sebelumnya hanya sekali panen dalam setahun, sata ini sudah bisa tiga kali panen,” jelasnya.

Berbagai kendala pembanguan pangan diakuinya juga tak semudah yang dibayangkan. Namun produksi beras di Bulungan sudah mengalami surplus. Dengan produksi mencapai 130 ton.

“Optimalisasi petani sudah pasti, begitupun lahan persawahan. Produksi beras tidak hanya untuk konsumsi di Bulungan, ada juga yang sudah sampai keluar, seperti ke Berau provinsi tetangga, dan beberapa daerah lainnya,” tutup Sudjati.# FBI

Related posts