Super Canggih! Pejabat PUPR Beri Bocoran Konsep Smart City IKN

Bali, GPriority.co.id – Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki visi-misi untuk menjadi smart forest city, atau kota hutan yang cerdas. Hal ini diutarakan langsung oleh Dr. Eng. Muhammad Nur Fajri Alfata, salah satu Pejabat pada Direktorat Bina Pemukiman dan Perumahan PUPR.

“Semuanya akan terintegrasi dengan ICT (informasi, teknologi, dan komunikasi), sanitasinya juga terintegrasi. Nantinya semuanya akan terhubung secara digital,” ujar Fajri saat memberikan pemaparan pada Forum Smart City di The Meru Sanur Hotel Bali, Selasa (25/6).

Salah satu contohnya seperti pada kawasan Kementerian Koordinator. Nantinya teknologi yang digunakan meliputi sistem kelistrikan, pencahayaan, alarm kebencanaan, kamera pengawas, kontrol akses, sistem air limbah, sistem air minum dan pengendalian udara.

“Ini yang digunakan di dalam gedung Kemenko. Berikut juga dengan arsitektur yang digunakan. Untuk sistem tata udara mereka punya pengelola sendiri. Kemudian sistem kelistrikan dan pencahayaan masuk ke DDC (Direct Digital Control Panel),” jelas Fajri.

Selain itu, ada juga kecanggihan-kecanggihan lainnya yang akan beroperasi di IKN. Salah satunya seperti dashboard pemantau suhu kelembapan, berikut juga dengan kualitas udaranya.

“Data yang didapat nanti tidak hanya dimonitor, tetapi juga akan diolah sedemikian rupa untuk nantinya akan (ditindaklanjuti) seperti apa kedepannya,” lanjut Fajri.

Foto : Nindya Farhah Azzahrah/GPriority