Tumbuh Jadi Smart City, Kota Tangerang Punya 2 Super Apps yang Multi Manfaat

Bali, GPriority.co.id – Kota Tangerang menjadi salah satu kota di Indonesia yang sudah mulai bertransformasi menuju smart city. Berdasarkan paparan dari Kadis Kominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, penerapan smart city harus berakar dari pranata hukum yang benar.

“Semua harus bermula dari pranata hukumnya. Perbaiki dulu pranata hukumnya, baru kita akan bisa melakukan semuanya dengan lebih optimal,” ujarnya saat memberikan pemaparan pada Forum Smart City di The Meru Sanur Hotel Bali, Selasa (25/6).

Pemerintah Kota Tangerang, saat ini sudah mempersiapkan pranata hukum seperti peraturan Wali Kota hingga keputusan Wali Kota yang berkaitan dengan smart city.

“Memang smart city di Kota Tangerang itu sudah mulai dilaksanakan sejak 2017 sampai saat ini,” ungkap Indri.

Terkait sistem teknologi, sampai saat ini Kota Tangerang dilaporkan oleh Indri, sudah memiliki 101 server, bandwitch 400 mbps, dan sertifikasi 27001-2013.

Saat ini, Kota Tangerang sedang menuju sertifikasi 27001-2022, dan diperkirakan akan rampung pada bulan Juni ini. Begitupun terkait jumlah SDM pada Dinas Kominfo yang saat ini terdiri dari 85 orang.

Adapun, terkait dimensi smart governance, Pemerintah Kota Tangerang saat ini memiliki 2 super apps yang diberi nama Super App Tangerang LIVE dan Super App Tangerang AYO.

“Super App kita untung yang Tangerang LIVE diperuntukkan bagi masyarakat Kota Tangerang. Tapi masyarakat diluar Kota Tangerang pun sebetulnya masih bisa men-download, hanya tidak mendapatkan semua fasilitas yang didapatkan oleh masyarakat Kota Tangerang. Super app ini terdapat 12 layanan dan 35 menu,” jelas Indri.

Hebatnya, saat ini Super App Tangerang LIVE mendapatkan peringkat pertama pada kompetisi inovasi pelayanan publik di Provinsi Banten pada tahun 2023. Bahkan sudah ada 49 kabupaten/kota yang melakukan replikasi aplikasi Tangerang LIVE.

“Sedangkan untuk Super App Tangerang AYO, sebenarnya merupakan integrasi dari beberapa aplikasi yang kita bangun untuk pegawai pemerintah Kota Tangerang. Jadi ini sebetulnya sudah melewati beberapa kali penyempurnaan. Dulu namanya Portal IGOV, hanya kami re-branding pada tahun 2023,” kata Indri.

Super App Tangerang AYO baru saja di launching oleh Men-PANRB. Uniknya, pada aplikasi ini terdapat satu menu dimana pegawai pemerintah Kota Tangerang dapat melayani warga hanya melalui aplikasi Tangerang AYO. Bahkan, pegawai Kota Tangerang yang melayani masyarakat lewat aplikasi tersebut, akan mendapatkan poin eKinerja.

Foto : Nindya Farhah Azzahrah / GPriority