Dukung Penerapan Smart City, Epson Siap Sediakan Produk Printer dengan Teknologi Termutakhir

Bali, GPriority.co.id – Epson menjadi salah satu perusahaan teknologi yang siap mendukung penerapan smart city pada berbagai kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Dalam hal ini, Epson siap menghadirkan berbagai produk yang memiliki teknologi mutakhir salah satunya seperti heat-free.

“Semua produk printer Epson sekarang menggunakan teknologi yang namanya presicion core. Yang kedua kita punya teknologi paper-recycling atau solusi untuk daur kertas bekas,” ujar Anton Setyadhi, Corporate and Government Sales Department Epson Indonesia, pada acara Forum Smart City 2024 di Bali, Selasa (25/6).

Pada teknologi heat-free ini, Anton menuturkan jika Epson menggunakan teknologi Inkjet. Dimana, Epson tidak lagi menggunakan laser printer.

“Jadi untuk mencetak itu tidak perlu lagi untuk dipanaskan dulu. Tidak seperti printer laser. Teknologi ini sangat ramah lingkungan. Listriknya hanya butuh belasan hingga puluhan watt saja. Bahkan dapat mengurangi penggunaan listrik hingga 85 persen, begitupun juga dengan dampak emisinya. Bahkan juga tidak banyak part yang harus diganti,” jelasnya.

Selain itu, ada juga teknologi paper recycling. Dimana kertas bekas cetak dapat di daur ulang kembali.

“Kertasnya ini bisa di daur ulang, sehingga menghasilkan kertas baru lagi. Jadi kertas lamanya tidak dibuang, tetapi bisa digunakan kembali. Kebetulan untuk saat ini unitnya baru ada di Singapura dan Jepang. Jadi teknologi ini tidak banyak menggunakan kertas,” jelas Anton.

Begitupun juga dengan teknologi recycled materials, yang menggunakan plastik-plastik yang sudah tidak terpakai sebagai material untuk membuat produk.

“Materialnya ini digunakan untuk membuat produk Epson. Tidak hanya main unitnya, tetapi juga untuk kardus pembungkusnya kita juga menggunakan kardus bekas yang di daur ulang, yang digunakan lagi untuk membuat kardus baru,” tutur Anton.

Foto : Nindya Farhah Azzahrah / GPriority