Tampilkan Karya Kreatif Batik Warisan Budaya Bangsa

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Kemenparekraf.go.id

Jakarta, GPriority.co.id— Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan bahwa event ‘Istana Berbatik’ menjadi momen dalam mempromosikan dan menampilkan batik sebagai produk asli dan karya kreatif warisan budaya Indonesia ke kancah dunia.

Melansir dari keterangan Kemenparekraf.go.id, Wamenparekraf juga mengatakan event ini digelar dalam rangka memperingati hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober.

Acara ini digelar pada Minggu (1/10) menampilkan fashion show yang melibatkan sekitar 500 peserta yang terdiri dari para pejabat negara, petinggi Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), public figure, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara, hingga para duta besar negara-negara sahabat.

“Kami optimis, gelaran Istana Berbatik ini bukan sekadar seremonial dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Tapi pesannya itu tadi, akan makin menunjukkan Indonesia kaya akan warisan budaya,” ungkap Wamenparekraf.

Dengan adanya keterlibatan dari dubes negara-negara sahabat sebagai model penayangan event ini di media-media nasional, maka Istana Berbatik dapat menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan batik di pasar internasional.

“Adanya Istana Berbatik ini diharapkan menjadi bukti keperpihakan pemerintah pada perajin batik terutama UMKM ekonomi kreatif (ekraf). Event itu juga sebagai ajang promosi ke dunia untuk meningkatkan konsumsi batik baik di dalam maupun luar negeri,” katanya.

“Kami merancang (event) ini semua dengan pesan batik adalah warisan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu, terus relevan dari masa ke masa dengan dukungan masyarakat Indonesia yang senantiasa memakai batik dan mempromosikannya ke pasar Internasional,” kata Angela.