Tembang Sunyi RB Ali

Untuk memperingati 5 tahun eksistensinya dalam berkarya, Jakarta Iustration Visual Art menggelar pameran seni rupa bersama bertajuk Excursion di Galeri Nasional (Galnas) pada Januari 2020. Excursion sendiri diikuti oleh seniman-seniman ternama salah satunya RB Ali.
Ditemui usai melakukan press tour, pria yang memiliki nama lengkap RB Memet Suali ini mengaku senang bisa bergabung dengan seniman lainnya di Excursion. “ Ini pameran yang cukup bagus, karena di dalam pameran ini, para seniman diharuskan untuk memamerkan misi-misi yang dibawanya melalui karya seni lukis maupun instalasi. Di mana karya tersebut menjadi refleksi diri dari setiap seniman yang terlibat, baik dari segi jiwa maupun raga,” ucap RB Ali.
Saat ditanya pameran tunggal yang hingga saat ini masih dikenang olehnya, RB Ali mengatakan, “Tembang Sunyi” yang juga dilaksanakan di Galnas pada tahun 2016.” Pameran tersebut dilaksanakan pada 3-20 Juni 2016. Pameran ini merupakan ungkapan isi hati saya terhadap politik Indonesia yang tengah gaduh pada saat itu. Meskipun gaduh, saya melihatnya tetap saja tidak bersuara,” ujar RB Ali.
Untuk itulah, RB Ali melanjutkan, lukisan-lukisan yang dipamerkan pada sebuah kanvas berukuran 275 x 580 cm lebih banyak berisikan tentang kesunyian. “ Selain kesunyian, saya juga melukis para tokoh seperti Walikota Surabaya Tri Risma, Mantan Gubernur DKI Jakarta,Ahok dan tokoh politik lainnya,” tutur RB Ali.
RB Ali juga menuturkan bahwa dirinya mulai menekuni dunia lukis mulai tahun 1996. Di tahun itu pulalah dia menggelar pameran bersama untuk pertama kalinya.Pameran yang digelar di Lampung menjadi berkah, sebab karya-karyanya yang terbilang bagus mulai diminati oleh kolektor. Banyaknya karya lukis yang dikoleksi kolektor membuat dirinya memberanikan diri untuk menggelar pameran tunggal di tahun 2012.” Alhamdulillah, pameran yang digelar di Taman Ismal Marzuki berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga bisa menjadi jalan bagi saya untuk menggelar pameran tunggal dan bersama lagi,” tutup RB Ali. (Haris.Foto:Haris)
Biodata :
Nama : RB.Ali
Tempat/Tanggal Lahir : Lampung, 25 Agustus 1977
Alamat : Komplek Bukit Pamulang Indah (BPI) V, Jl.Parkit Blok B.1 no.11-12 Pamulang Timur,Tangerang Selatan 15417

Pameran tunggal:
2019 :Pameran Tunggal “lelaku” Planet Art Gallery Jakarta
2017 :Pameran Tunggal “diRuMah-SendiRi” Tangerang Selatan
2016 :Pameran Tunggal “TembangSunyi” Galeri Nasional Indonesia
2015 : Pameran Tunggal “FineArt@redcarpet#2” Turi Beach Batam
: Pameran Tunggal “FineArt@redcarpet#1” Batam View Batam
2014 : Pameran Tunggal ”InnerBeauty” Galeri Cipta III,TIM
:Pameran Tunggal Berdua ”Ngalor-Ngetan” Bentara budaya
Jakarta
2012 : Pameran Tunggal ”Memelihara Hasrat” Galeri Cipta II,TIM

Related posts