Tips Merawat Gigi Pertama Bayi

Gigi anak mulai  erupsi (tumbuh) di usia 4-6 bulan. Biasanya kalau sudah tanda-tanda tumbuh gigi, si kecil merasa tidak nyaman dan menjadi mudah rewel. Perawatan gigi bisa dimulai saat gigi belum tumbuh dan wajib dijaga kebersihannya hingga giginya tumbuh sempurna.

Setelah gigi tumbuh, gunakan sikat gigi berbulu khusus bayi dan pasta gigi berfluoride seukuran beras (sesuai dengan rekomendasi AAPD dan AAP). Mulailah menyikat gigi selama 3-5 detik dan perlahan waktunya ditingkatkan maksimum dua menit.

Jangan lupa saat usia anak sudah 1 tahun kunjungi dokter gigi untuk perawatan giginya. Seperti rutinitas lainnya, menyikat gigi mungkin membutuhkan waktu untuk membuat si kecil terbiasa. Jadi tetap sabar dan perlahan bantu si kecil beradaptasi dengan rutinitas sikat gigi.

Berikut tips merawat gigi pertama bayi:

1.Gigi belum tumbuh
Dibersihkan dengan kain kasa yang sudah basah dan hangat. Bersihkan setelah makan atau menyusu dan sebelum tidur.

2.Gigi hampir tumbuh
Gunakan sikat gigi jari (finger toothbrush) dan air bersih saat membersihkan gigi si kecil. Namun bisa juga gunakan kain kasa basah untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

3 Saat tumbuh gigi
Saat gigi susu mulai tumbuh, sikat giginya dengan sikat gigi berbulu lembut sesuai usianya. Berikan juga pasta gigi berfluoride seukukran biji beras. (VIA)

Related posts