Triathlon Gaya Hidup Sehat Masyarakat Pecinta Olahraga

Selain fashion, olahraga di tengah Pandemi Covid-19 juga menjadi gaya hidup bagi masyarakat. Salah satu olahraga yang diminati pada saat ini adalah triathlon.

Triathlon adalah pertandingan olahraga yang mengkombinasikan 3 jenis cabang olahraga yang dilakukan secara terus menerus dalam satu waktu. Adapun cabang olahraga yang dimaksud renang, bersepeda dan berlari.Begitu menariknya olahraga triathlon ini membuat banyak pecintanya membentuk komunitas, salah satunya Triathlon Buddies Indonesia.

Menurut salah seorang pendiri, Ade yang dihubungi melalui akun medsosnya pada Kamis (4/2/2021), ”Terbentuknya Triathlon Buddies Indonesia di tahun 2012, dikarenakan adanya persamaan persepsi antara penggemar triathlon di Jabodetabek. Usai berdiri, banyak penggemar triathlon dari seluruh daerah di Indonesia menyatakan bergabung dengan kami. Kami pun senang, pasalnya makin banyak teman.”

Perkataan Ade dibenarkan salah seorang anggotanya yang bernama Barata Mardikoesno. Menurut Barata, latihan gratis dan rasa saling membantu antara sesama anggotanya yang menjadi alasan kenapa banyak pecinta triathlon seperti dirinya mau bergabung di Triathlon Buddies Indonesia.

“ Saat melatih anggota baru, pertama-tama mereka akan menggunakan jarak-jarak dalam triathlon. Jarak ini berbeda-beda, yang terendah disebut sprint distance, olympic distance, half ironman, dan full iron man,” tegas Barata.

Tiap jarak akan dikali dua jika sudah menguasai jarak sebelumnya. Pada print distance yang digunakan untuk anggota baru, yang dilatih adalah berenang lebih dulu di jarak 700 meter, lalu bersepeda sejauh 20 km, dilanjut dengan lari 5 km.

Triathlon Buddies atau selanjutnya disebut Tribud memberikan kelas-kelas latihan sesuai umur , misalnya kelas master yang diperuntukkan bagi mereka yang ada di atas 40 tahun. Barata menyebut anggota tertua berusia 65 tahun, dan Tribud juga sering mengadakan triathlon untuk anak-anak maupun dewasa.

Selain masyarakat pecinta olahraga, triathlon juga digemari oleh beberapa kalangan selebritis salah satunya Kelly Tandiono.

Menurut Aktris yang juga berprofesi sebagai model ini, dirinya jatuh cinta dengan olahraga ekstrem yang membutuhkan ketahanan fisik prima pada saat menyaksikan pertandingan triathlon di Bali sekitar 4 tahun yang lalu.

“Usai menggelutinya aku banyak merasakan dampak yang sangat positif, yakni tubuhku tetap prima meskipun harus menjalani aktivitas yang cukup padat serta membangun mental,” ucap Kelly Tandiono dikutip fimela.com (12/10/2020).

Kelly pun berharap bahwa di tahun 2021 nanti event triathlon bisa kembali digelar.

Triathlon masuk CoE Kemenparekraf 2021

Menyikapi keinginan Kelly Tandiono dan juga komunitas triathlon, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam siaran persnya pada 16 Januari 2021 telah memasukkannya ke dalam Calender of Event (CoE) yang akan digelar Kemenparekraf.

“Ada beberapa daerah yang akan menggelar kejuaraan triathlon di tahun 2021 ini yakni Pariaman dan Belitung. Kami berharap dengan digelarnya triathlon ini, jumlah wisatawan yang masuk ke Indokejuaraan triathlon di tahun 2021 ini yakni Pariaman dan Belitung. Kami berharap dengan digelarnya triathlon ini, jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia akan semakin bertambah banyak. Meskipun digelar saya meminta kepada pihak penyelenggara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegas Sandiaga Uno yang juga menggemari triathlon.

Sandiaga dalam siaran persnya juga mengizinkan komunitas untuk membuat event-event triathlon.”

Yang penting melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif serta Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC),” tutup Sandiaga Uno.(Hs)

Related posts