Umrah 2024 Dibuka Lebih Cepat, Tidak Wajib Vaksin Meningitis

Jakarta, GPriority.co.id – Umrah 2024 akan dibuka lebih cepat bagi seluruh umat muslim di dunia. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI), Firman M. Nur.

Seperti dikutip dari laman AMPHURI News, Firman mengatakan, Pemerintah Arab Saudi telah membuka kesempatan kepada umat islam dunia untuk melaksanakan ibadah umrah, mulai 14 Dzulhijjah 1445 H bertepatan dengan tanggal 20 Juni 2024.

Tak hanya sampai disitu, calon jemaah umrah juga tidak diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis sebelum berangkat.

Firman menegaskan, bahwa hingga saat ini Pemerintah Saudi belum pernah mengeluarkan edaran terkait kewajiban vaksin meningitis bagi jamaah umrah, sebagaimana pemberitaan yang beredar saat ini. Vaksin meningitis hanya diwajibkan bagi jamaah haji dan tidak wajib bagi jamaah umrah.

“Informasi ini sebagaimana disampaikan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Fauzan Al Rabiah, saat mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu dan telah dikonfirmasi langsung oleh AMPHURI ke Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi,” ujar Firman dalam keterangan tertulisnya langsung dari Mekkah, Arab Saudi, pada Rabu (19/6/2024).

Foto : Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi