Untung Tamsil Optimis Pariwisata Fakfak Jadi Primadona PAD

Jakarta,Gpriority- Kabupaten Fakfak dikenal memiliki wisata sejarah, laut dan alam yang sangat indah, sehingga bisa menjadi primadona baru bagi Wisatawan Mancanegara dan lokal.

Tak hanya itu, Kabupaten Fakfak dikenal juga memiliki desa-desa yang memiliki panorama keindahan bawah laut dan atas laut yang tidak kalah dengan desa lainnya, sehingga berpotensi besar menghasilkan PAD baru bagi Kabupaten Fakfak di bidang pariwisata.

Ditemui di sebuah hotel yang terletak di Wilayah Gajah Mada, Jakarta Barat, Bupati Fakfak , Untung Tamsil mengatakan Fakfak memiliki 17 Distrik dengan 142 kampung . Di 142 Kampung, Untung melihat ada 124 Kampung yang memiliki keindahan panorama baik alam dan lautnya yang tidak kalah dengan daerah lainnya sehingga akan dipromosikan menjadi desa wisata.” Di 124 desa tersebut saya melihat keindahan bawah lautnya dengan keanekaragaman hayatinya sangat luar biasa, sehingga saya menyarankan agar dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut,” kata Untung.

Untung juga mengatakan bahwa Pemkab Fakfak pada saat ini tengah mendorong semua hal yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk budaya , sehingga berdampak pada perekonomian dan pembangunan di kampung itu sendiri dan juga Fakfak pada umumnya.

Untuk mewujudkan itu semua, Pemkab Fakfak akan melakukan integrasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan melibatkan bumkam (Badan Usaha Milik Kampung) dan koperasi sebagai pengelola potensi lokal tersebut.

“ Saya ambil contoh buah Pala.Dagingnya sudah kami produksi menjadi balsem dan sudah ada izin BPOM dan akan dilaunching pada tanggal 11 November 2021,” ucap Untung.

Kaitannya dengan pariwisata adalah, wisatawan bisa membelinya untuk oleh-oleh sanak keluarga dan teman-teman.” Selain itu, kita juga membuat buah pala sebagai makanan ringan, sirup dan makanan lainnya sehingga bisa dijadikan oleh-oleh khas Fakfak,” kata Untung Tamsil.

Terkait dengan persiapan infrastruktur , Untung Tamsil mengatakan pada saat ini memang terkendala dengan penerbangan udara, namun ia terus berupaya agar permasalahan ini bisa teratasi salah satunya dengan mendatangkan maskapai lain yang bisa masuk ke Bandara Fakfak. “ Alhamdulillah Fakfak akan kedatangan satu maskapai lain sehingga permasalahan tersebut bisa teratasi,” tutur Untung.

Selain berbicara mengenai pariwisata, Untung Tamsil juga mengatakan bahwa Fakfak merupakan kota tertua di Provinsi Papua dan Papua Barat Hal ini sudah dibuktikan oleh hasil penelitian dari badan arkeologi Provinsi Papua.

“ Menurut hasil penelitian tersebut, Fakfak merupakan kota yang lahir 10 ribu tahun yang lalu. Tentunya dengan waktu yang begitu lama, Fakfak kini bisa menikmati cahaya dan sinar yang diberikan oleh Tuhan dan ini menjadi suatu berkah bagi Fakfak,” jelas Untung Tamsil.

Lebih lanjut dikatakan Untung Tamsil, sebagai generasi penerus bangsa, beliau bersama Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom akan terus memajukan kota Fakfak,” Tentunya saya meminta dukungan dari seluruh masyarakat untuk mewujudkan ini semua.Bertepatan dengan ulang tahun Fakfak yang ke-121, kami ingin Fakfak kembali bersatu dan bersama-sama dengan pemerintah untuk mempercepat pembangunan,” ucap Untung Tamsil.

Sebagai bupati dan wakil bupati terpilih melalui jalur independen, Untung mengatakan bahwa dirinya bersama Yohana tidak bisa memikul pembangunan sendiri tetapi harus ada peran serta dari masyarakat.

” Kami memiliki visi Tersenyum yang memiliki arti dari setiap kalimatnya yaitu Fakfak Terdepan, Fakfak Sejahtera, Fakfak Unggul,Fakfak Nyaman dan Fakfak Mandiri. Dalam visi ini ada 6 misi yang menjadi sasaran dalam rangka mempercepat pembangunan daerah seperti SDM kesehatan dan pelayanan kesehatan, ekonomi termasuk pariwisata dan perikanan. Selanjutnya adalah kearifan lokal, dengan tata kelola pemerintahan dan sumber daya alam lainnya sehingga daerah lebih cepat terbangun,” tutup Untung.(Hs.Foto.dok.GP)

Related posts