Beroperasi 2023, Pelabuhan Kenyamukan Kutim Jadi Pertahanan Negara


Kutim,Gpriority- Pelabuhan Kenyamukan yang berada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur dilintasi Alur Laur Kepulauan Indonesia (ALKI) 2, ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengatakan selain mampu menompang perekonomia, letak pelabuhan yang sangat strategis berpotensi sebagai daya dukung pertahanan negara, khususnya wilayah kelautan yang ada di sekitar Indonesia tengah dan timur.

“Wilayah Kutim yang berada diposisi sangat strategis dan berdekatan dengan selat Makassar memiliki kedalaman laut hingga 50 meter,” kata Bupati pada sambutannya, pada presentasi PT Pelindo tentang rencana kerjasama dengan Pemkab Kutim, di ruang Tempudau, Kantor Bupati, Senin, (08/11/21).

Bupati menuturkan kenyataan tersebut bukan tidak mungkin dijadikan sebagai jalur lalulintas kapal selam asing yang tidak bisa dideteksi oleh pertahanan Indonesia di laut. Maka dari itu, dengan adanya infrastruktur pelabuhan di wilayah Kutim, menopang sektor lainnya, seperti keamanan maritim.

“Saya yakin kalau Pelabuhan Kenyamukan ini jadi, bisa menjadi fasilitas daya dukung pertahanan kelautan kita melalui Lanal (Sangatta)” ujar Ardiansyah.

Bupati juga menuturkan ditambah lagi Kaltim telah didaulat sebagai Ibu Kota Negara (IKN), dan tentunya keberadaan Pelabuhan Kenyamukan memberi nilai lebih dan patut diperhitungkan. (Dw.foto.dok.Humas Kutim)

Related posts