Wabah Misterius Pneumonia Serang Anak-anak di China, Trauma Lama akan Terulang Kembali?

Penulis : M. Hilal | Editor : Dimas A Putra | Foto : Istimewa

Jakarta, GPriority.co.id – Tengah ramai menjadi perbincangan di seluruh negara soal wabah Pneumonia. Pada pertengahan Oktober 2023 lalu, China melaporkan adanya peningkatan kasus penyakit pernapasan misterius Pneumonia yang menyerang ribuan anak-anak kecil di China.

Wabah virus ini menyebar sangat masif kepada masyarakat China khususnya anak-anak yang sangat rentan terjangkit penyakit Pneumonia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sejumlah masyarakat terinfeksi penyakit Pneumonia misterius ini,  belum diketahui apa penyebabnya.

Namun, hal tersebut telah mendorong WHO untuk bertindak tegas, WHO meminta China memberikan informasi tambahan mengenai wabah ini dalam mencari langkah-langkah apa dan bagaimana cara mengatasi wabah ini dengan lebih baik.

Wabah Pneumonia ini baru-baru muncul setelah adanya laporan dari rumah sakit di wilayah Tiongkok. Dikabarkan bahwa rumah sakit tersebut dipenuhi oleh anak-anak kecil yang sedang sakit terkena wabah Pneumonia. hal ini mengingatkan pada masa pandemi COVID-19 tahun lalu.

Lebih lanjut, wabah Pneumonia pertama kali terdeteksi di rumah sakit Beijing dan provinsi Liaoning, hal ini dilaporkan lonjakan kasus pneumonia yang tidak terkontrol dan jumlah kasus meningkat dengan sangat cepat, membuat rumah sakit di China kewalahan dan harus meliburkan beberapa sekolah.

Apa itu penyakit Pneumonia?

Penyakit ini merupakan peradangan pada kantung udara di paru-paru akibat infeksi bakteri, virus. Dasarnya penyakit ini rentan menyerang anak kecil dan lansia, infeksi ini sangat mematikan seperti Covid-19 bahkan bisa lebih.

Gejala wabah Pneumonia ini cenderung menyerang nyeri dada, batuk, demam, dan kelelahan. Meskipun penyakit ini berdampak buruk pada paru-paru dan tubuh, penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik jika disebabkan oleh bakteri. Jangka waktu pemulihan biasanya berlangsung dari satu minggu hingga satu bulan atau lebih.

Tidak hanya itu, negara China pernah menjadi asal sejumlah wabah virus sampai menimbulkan kekhawatiran seluruh dunia. Terlebih, beberapa wabah sebelumnya tersebar ke seluruh dunia yang berasal dari negara China, seperti dikutip dari Kementerian Kesehatan, terdapat 4 wabah yang sebelumnya timbul dari China diantaranya: Flu Hongkong, Flu Asia, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), Covid-19.

Mengulas kembali dari wabah tahun lalu, yakni wabah Covid-19 yang sangat meluluhlantakkan sektor kesehatan dan ekonomi global pada kurang lebih pada tahun 2020-2023. Seluruh negara harus melakukan lockdown sehingga seluruh aktivitas ekonomi terhenti. Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di dunia mencapai ± 770,56 juta dengan korban tewas menembus ± 6,96 juta jiwa.

Indonesia juga harus menghadapi tiga gelombang yang mematikan, termasuk Delta pada pertengahan 2021. Kasus positif di Indonesia pada 2020-2023 mencapai ± 6,81 juta dengan korban meninggal sebanyak ± 161.918 jiwa.