Warkapi Jembatan Penghubung Manokwari,Bintuni dan Teluk Wondama Siap di Lintasi

Jakarta,GPriority.co.id- Di tengah pesatnya pembangunan infrastruktur skala masif seperti jalan tol dan bendungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan HUJI Perumahan Rakyat (PUPR) juga terus membangun infrastruktur kerakyatan, salah satunya jembatan penghubung di wilayah Papua Barat. Selain menjadi akses penghubung antar desa, dan wilayah, jembatan yang diberi nama Warkapi ini juga berpotensi sebagai objek wisata.

“Hadirnya jembatan penghubung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor desa atau distrik serta akses silaturahmi antar warga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Basuki juga mengatakan dibangunnya jembatan ini dalam rangka meningkatkan perekonomian di wilayah Papua Barat khususnya Teluk Bintuni, Manokwari dan Teluk Wondama.

Jembatan Warkapi yang memiliki luas 80 meter dibangun disamping jembatan lama. Menurut laman resmi PUPR, jembatan yang dibangun pada Februari 2021 untuk menggantikan jembatan lama yang berada di sisi jembatan baru.

PUPR juga menjelaskan bahwa jembatan ini sebenarnya ditargetkan Desember 2021 baru selesai. Namun dikarenakan beragam kendala yang tidak dapat dijelaskan, PUPR baru berhasil menyelesaikannya di Mei 2022.

Dengan selesainya jembatan Warkapi ini, PUPR yakin aksebiltas transportasi bisa semakin lancar. Tak hanya itu perekonomian menjadi semakin meningkat.

Mengenai rangkanya, PUPR mengatakan menggunakan rangka baja sepanjang bengtang koridor. Dengan demikian jembatan tetap bisa berdiri dengan kokoh sehingga pelintas tidak perlu merasa khawatir akan keselamatan mereka.(Hs.Foto.Humas PUPR)

Related posts