WHO Rekomendasikan Actemra dan Kezvara Sebagai Obat Covid-19

Kabar gembira datang dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dikutip dari reuters pada Jum’at (9/7/2021), WHO merekomendasikan dua obat untuk mengurangi resiko kematian akibat Covid-19.Adapun obat yang dimaksud arthritis Actemra (tocilizumab) buatan Roche (ROG.S) dan Kezvara (sarilumab) dari Sanofi (SASY.PA).

Berdasarkan data yang diperoleh WHO, Dua obat tersebut ternyata mampu menyembuhkan sekitar 11.000 pasien dari ancaman kematian akibat Covid-19.

“Pasien COVID-19 parah atau kritis kerap mengalami reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh, yang dapat membahayakan sekali kesehatan pasien. Obat Interleukin-6 – tocilizumab dan sarilumab – bertindak untuk menekan reaksi berlebihan ini,” bunyi siaran pers WHO.

Menurut WHO, meta-analisis prospektif dan jaringan hidup menunjukkan bahwa pada pasien parah atau kritis, pemberian obat ini mengurangi potensi kematian 13 persen, dibanding perawatan biasa.

Selain itu, penggunaan obat tersebut kemungkinan mengurangi ventilasi mekanis di antara pasien parah dan kritis hingga 28 persen, dibanding perawatan biasa. Hal ini mengartikan bahwa 23 pasien lebih sedikit dari seribu pasien yang membutuhkan ventilasi mekanis.

“Dengan adanya temuan ini, maka kami sudah memperbarui panduan cara penanganan pasien dan sudah diberitahukan kepada Kementerian Kesehatan di seluruh Indonesia” kata pejabat Darurat Kesehatan WHO Janet Diaz.(Hs.Foto.dok.Reuters)

Related posts