DPRD PPU Dorong Generasi Milenial Bertani

Penajam Paser Utara dikenal sebagai salah satu daerah dengan potensi pertanian yang cukup menjanjikan. Namun, minat kawula muda terhadap sektor pertanian terbilang masih minim.

Melihat kondisi ini, Komisi II DPRD PPU melakukan pendampingan ke sejumlah petani muda, di Tambong, Babulu Darat dan Api-api. Khusus di Tambong, buah yang dikembangkan adalah melon. Dibekali modal Rp 4 juta dan lahan seluas ¼ hektare, petani melon mampu menghasilkan panen sampai 1 ton lebih. Meski cukup potensial, Sujiati anggota Komisi II DPRD PPU mengaku hasil panen melon sejauh ini hanya bisa memenuhi kebutuhan di wilayah PPU.

“Ini masih dalam tahap percontohan. Makanya kita lakukan pendampingan kepada dua petani muda terlebih dahulu,” ujar anggota komisi II Sujiati, Kamis (24/6/2021).

Jika hasil panen semakin meningkat, melon juga akan disuplai ke daerah lain. Dan DPRD PPU juga siap membantu produksinya.
“Untuk pemasaran tentu saja kita juga akan bantu jika produksinya nanti sudah tak mampu diserah di dalam daerah,” jelasnya.

Kedepannya, Sujiati berharap dengan kesuksesan panen melon ini mendorong minat kaum muda untuk menekuni profesi sebagai petani.(Sof.Foto.Istimewa)

Related posts