Wisata Ampanas Kutai Timur Jadi Obat Mujarab Hilangkan Penat

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : Diskominfo Staper

Kutim,GPriority.co.id-Kabupaten Kutai Timur yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memiliki sejumlah lokasi wisata menarik dan tidak kalah indahnya dengan daerah lainnya sebut saja Wisata Ampanas yang terletak di Desa Pengadaan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur.

Di sana, Kamu dapat melihat pemandangan hutan sekitar gunung dan gua karst, mulut gua serta misteri yang ada di dalamnya. Tak hanya itu kamu dapat merasakan sensasi gua alam di tengah belantara Kalimantan.

Selain itu, terdapat juga air belerang atau air panas yang tak jauh dari gua. Air yang mengalir dari sungai kecil dan sumber air itu dipercaya masyarakat setempat dapat mengobati berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit.

Untuk menuju ke sana kamu harus terlebih dahulu singgah ke Sangatta Utara.

Dari Sangatta Utara, butuh waktu 4 hingga 5 jam untuk sampai di lokasi wisata tersebut. Sementara, dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih satu jam jika berangkat dari pusat Kecamatan Karangan.

Meski terlebih dahulu harus melintasi jalan berdebu dan berbatu, pengunjung tidak akan merasa bosan karena selama perjalanan suasana alam yang dipenuhi dengan pepohonan dan kicauan burung di hutan tropis khas Borneo menyertai perjalanan.