10 Faktor yang Buat Kamu Makin Tua

Jakarta,gpriority-Menjadi tua merupakan hal yang pasti terjadi pada manusia, tidak bisa dipungkiri lagi jika tubuh kita makin hari makin berkurang fungsinya, baik itu dari segi fikiran, mental, bahkan fisik.

Maka dari itu banyak orang yang melakukan segala acara untuk melakukan perawatan pada tubuhnya agar terlihat lebih awet muda.

Bukan hanya orang tua saja yang mengalami penuaan, anak muda juga saat ini banyak yang mengalami penuaan dini. Orang tersebut bisa terlihat lebih tua dari umur aslinya, hal ini pastinya ditakuti oleh semua orang terutama kaum hawa. Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Penuaan dini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola makan yang tidak teratur, stress, polusi, dan lain-lain.

Berikut 10 faktor penyebab penuaan dini yang bisa dihindari oleh kita.

1. Mengonsumsi makanan & Minuman yang Tinggi Gula

Makanan seperti coklat, kue, permen, dan lain-lain memang banyak digemari oleh semua kalangan. Rasa manisnya bisa menambahkan semangat dikala seseorang merasa galau dan sedih. Namun, jika rasa manis terebut dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan berbagai penyakit. Selain memicu penyakit diabestes dan gigi berlubang, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa menimbulkan efek penuaan dini pada tubuh, terutama pada kesehatan kulit. Mengonsumsi terlalu banyak gula, bisa memicu terjadinya proses glikasi dan membentuk advanced glycation end prooducts (AGES). Komponen AGES ini, dapat merusak kolagen dan elastin yang akan membuat kulit menjadi kendur dan muncul kerutan.
Makanan yang tinggi gula, tidak hanya memiliki rasa yang manis. Makanan tinggi karbohidrat pun memiliki kadar gula, seperti roti tawar dan nasi putih.

2. Terlalu Sering Marah

Meluapkan emosi dengan cara marah-marah memang membuat hati menjadi lega, namun rasa lega tersebut hanya bertahan sementara dan menimbulkan rasa lelah serta membuat struktur tubuh kita menjadi kaku, akibatnya penuaan dini pun tidak bisa dihindari. Selain itu sering marah juga dapat beresiko terkena jantung koroner. Memang rasa marah tak sepenuhnya dapat dihindari, tetapi dari pada marah apa salahnya jika kita bisa menemukan solusi dengan cara yang positif seperti berolahraga, bermain, dan lain-lain.

3. Tidak melakukan perawatan sejak dini

Tubuh butuh perawatan terutama kulit wajah agar terlihat segar dan awet muda. Tidak pernah atau jarang melakukan perawatan wajah juga dapat menyebabkan penuaan dini. Ada pepatah mengatakan “cantik itu mahal” jadi butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan uang. Untuk menghindari penuaan dini makan disarankan menggunakan produk anti aging, skincare, perawatan facial dengan bahan-bahan alami, serta ke salon atau klinik kecantikan.

4. Sering Stress

Sama halnya dengan marah, stress dan sering memendam kebencian juga bisa menimbulkan kerutan dan penuaaan dini. Stress bisa datang dari mana saja, seperti stress karena pekerjaan yang menumpuk, konflik keluarga, pertemanan, dan lain-lain. Carilah jalan keluar yang tepat untuk menghindari stress berkepanjangan yang bisa menimbulkan penuaan dini, seperti mencari teman yang bisa diajak sharing, atau beribadah yang tekun dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta agar hati menjadi damai dan terhindar dari penuaan dini.

5. Jarang Olah Raga

Jarang olah raga menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini, karena otot yang ada pada tubuh jarang digunakan, alhasil tubuh menjadi tidak segar, cepat lelah, dan mengendur secara perlahan. Untuk menghindari hal tersebut disarankan untuk rajin berolahraga yang ringan seperti lari, squat, senam, yoga, dan lain-lain.

6. Jarang membersihkan muka

Sepele namun sangat berbahaya pada kulit kita dan memicu penuaan dini. Jarang memberisihkan muka sering terjadi ketika menjelang tidur di malam hari. Bayangkan bakteri dan kotoran yang menumpuk diwajah setelah seharian beraktivitas, jika wajah tidak dibersihkan secara teratur maka akan timbul jetawat, komedo, dan bahkan timbul kerutan yang akan membuat penimpilan menjadi kurang menarik. Maka ranjin-rajinlah mencuci wajah, tidak hanya di malah hari, namun di saat wajah terasa kotor juga berhak untuk dibersihkan.

7. Sering berada diluar ruangan tanpa perlindungan krim yang mengandung SPF

Hampir setiap tahun negara kita selalu terkena sinar matarahi, walaupun sinarnya pada pagi hari bermanfaat bagi kesehatan tulang, namun jika terlalu sering berada di luar ruangan juga akan berdampak buruk bagi kulit kita. Sinar matahari mengandung berbagai zat negatif yang bisa membahayakan kulit termasuk penyebab penuaan dini. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menggunakan perlindungan krim atau tabir surya yang mengandung SPF (Sun Protector Faktor). Direkomendasikan bagi kita agar memilih krim pelindung matahari dengan SPF 30 atau lebih tinggi. 

8. Jarang mengkonsumsi sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang mengandung banyak manfaat dan menjadi sumber kesehatan. Jarang mengonsumsi buah disinyalir menjadi salah satu faktor yang bisa memicu penuaan dini. Disarankan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menghambat penuaan seperti buah pepaya, alpukat, jeruk, tomat, wortel, brokoli, sayuran hijau dan masih banyak lagi.

9. Merokok

Selain menyebabkan gangguan pernapasan, orang-orang yang terbiasa merokok di masa muda, biasanya mereka akan cepat mengalami penuaan dini, tampak dari kulitnya yang kering dan kusam. Kulit wajah tampak berwarna keabu-abuan dan munculnya garis-garis halus di sekitar mata dan mulut. Cara yang paling ampuh untuk mencegah penuaan dini karena merokok adalah segera berhenti merokok.

10. Diet ketat

Tak jarang orang-orang ingin tampil cantik dengan cara diet, bahkan melakukan diet secara gila-gilaan. Diet ketat dapat menyebabkan efek buruk pada kulit, yaitu penuaan diri. Hal ini terjadi karena pola makan yang ekstrem, dengan mengurangi makan secara tiba-tiba sehingga tubuh tidak akan mendapatkan gizi dan kehilangan mineral penting, protein serta vitamin yang diperlukan oleh kulit. (Dwi)

Related posts