15 Lomba Permainan Tradisional Indonesia dalam Memeriahkan HUT RI ke-77

Jakarta,GPriority.co.id – Untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, rakyat Indonesia biasanya akan menyelenggarakan sejumlah acara atau kegiatan dalam merayakannya. Perayaan ini bisa berupa upacara dan doa-doa sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan hingga perayaan dengan lomba permainan tradisional.

Lomba permainan tradisional untuk memeriahkan HUT RI sudah menjadi tradisi turun temurun. Lomba Agustusan yang diadakan tiap tahunnya sukses menarik perhatian masyarakat karena pastinya diadakan dengan seru dan lucu.

Lomba biasanya diadakan sejak pagi hingga sore hari pada tanggal 17 Agustus di lingkungan setempat. Lomba ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar tetangga serta menanamkan nilai-nilai sosial dan pancasila kepada para peserta yang mayoritasnya adalah anak-anak.

Berikut 15 lomba permainan tradisional Indonesia yang sering kita mainkan tiap tahunnya untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia:

1. Lomba balap karung pakai helm
2. Lomba panjat pinang
3. Lomba balap karung
4. Lomba balap bakiak
5. Lomba menyusun piramida dari sandal
6. Lomba tarik tambang
7. Lomba balap kelereng
8. Lomba gigit koin dari buah
9. Lomba memasukkan paku ke botol
10. Lomba joget balon
11. Lomba makan kerupuk
12. Lomba balap egrang
13. Lomba gendong-gendongan
14. Lomba pukul bantal
15. Lomba memindahkan bendera

Itulah 15 lomba permainan tradisional yang sudah menjadi tradisi turun temurun setiap tahunnya. Meski hadiah bagi para pemenang tidak tampak terlalu mewah, namun acara dan kegiatan Agustusan ini selalu menarik untuk diikuti. (Hn.)

Related posts