Anosmia Pulih dengan Herbal

Anosmia adalah kondisi dimana seseorang kehilangan indra penciuman. Orang yang mengidap anosmia biasanya tidak bisa mencium aroma makanan, sehingga menurunkan selera makan.

Selain itu dia juga tidak dapat mencium wangi bunga atau parfum, yang berhaya mereka juga tidak akan menyadari adanya bau gas bocor ataupun kebakaran.

Ada beberapa penyebab timbulnya anosmia, mulai dari hidung tersumbat karena pilek, polip hidung, hingga Covid-19. Pada penderita flu, umumnya anosmia akan hilang saat hawa dingin mereda. Namun untuk penderita Covid-19, akan mengalami anosmia yang lebih lama dan dapat diatasi dengan melakukan beberapa cara.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang dengan bahan yang alami.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan yang dinilia ampuh mengatasi anosmia. Jahe memiliki aroma menyegarkan yang dapat membantu dalam melatih indra penciuman. Minum larutan jahe saat hidung tersumbat dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan sekaligus mengurangi pembentukan lendir yang menyumbat saluran hidung.

Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan jahe secukupnya, kemudian iris atau ditumbuk jahe. Setelah itu rebus jahe dengan air hingga mendidih, dan sajikan di gelas atau cangkir. Jahe siap untuk dinikmati.

2. Lemon

Selain jahe, lemon juga dapat meredakan anosmia. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan zat antimikrobanya mampu meredalam anosmia secara alami. Jeruk lemon dapat digunakan untuk melatih penciuman yang hilang.

Kita dapat mengapilaksikannya dengan cara minum segelas air hangat yang diberi perasan lemon dan satu sendok teh madu. Disarankan untuk meminum seduhan air lemon dua kali sehari untuk meredakan tenggorokan dan mengobati anosmia.

3. Daun Mint

Mentol dalam daun mint mengandung zat antimikroba dan antiperadangan. Keduanya bisa membantu mengatasi hidung tersumbat penyebab hidung tidak bisa mencium bau. Minum seduhan daun mint juga dapat melegakan saluran pernapasan. Cara membuatnya juga mudah, seduhan daun mint dengan merebus 10-15 lembar daun mint. Saring seduhan daun mint tersebut, lalu tambahkan sesendok madu.

4. Bawang Putih

Kandungan asam risinoleat dalam bawang putih bersifat antiperadangan dan antibakteri yang dapat digunakan sebagai obat anosmia alami. Cara mengobati anosmia dengan bawang putih cukup mudah. Geprek atau tumbuk empat sampai lima siung bawang putih, tambahkan secangkir air mendidih, lalu rebus selama dua menit. Sebaiknya minum ramuan tersebut ketika masih hangat dua kali sehari untuk.

Catatan, jika semua bahan herbal tesebut sudah dicuba dan anosmia tak kunjung sembuh, ada baiknya pergi ke dokter untuk meresepkan obat untuk. (dwi)

Related posts