Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Gelar Gerebek Lumpur

Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jakarta berkolaborasi dengan Wali Kota, lintas dinas, kelurahan dan kecamatan di tiap wilayah mengadakan gerebek lumpur.

Salah satunya gerebek lumpur berlangsung di Kali Sunten depan Rumah Pipa Waduk Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Minggu (03/10/2021).

Ratusan pasukan gabungan dari masing-masing unit terkait disertai kelengkapan alat berat dikerahkan dalam kegiatan tersebut.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menjelaskan, gerebek lumpur dan sampah sebagai suatu rangkaian upaya mengantisipasi musim penghujan dan bisa menuntaskan permasalahan genangan.

“Kita gerebek bareng-bareng supaya saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, airnya bisa langsung mengalir ke laut,” katanya.

Pihaknya sudah memetakan titik rawan genangan, dan lokasi tersebut menjadi prioritas dalam pelaksanaan gerebek lumpur dan sampah di setiap kecamatan. Petugas gabungan dari sejumlah unit bergerak untuk mengangkutan lumpur, membersihkan sampah, dan penopingan pohon.

“Disini kita bisa melihat bahwa untuk menyelesaikan masalah perlu dikerjakan bersama. Ini adalah tanggung jawab kita bersama termasuk masyarakat untuk ikut mengatasi permasalahan genangan,” ujar Ali.

Diharapkan, kegiatan gerebek lumpur dan sampah yang dilakukan di setiap kecamatan dapat mengurangi jumlah titik genangan dan meminimalisir terjadinya genangan.

Sementara itu, Kasudin Sumber Daya Air Kota Administasi Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana menerangkan, pengerukan lumpur di Kali Sunter akan dilakukan hingga kedalaman 2 meter.

“Kedalaman idealnya akan kita kembalikan lagi agar fungsi kali bisa lebih optimal dalam menampung debit air saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi,” ungkapnya. Ia mengungkapkan, pengerukan lumpur di Kali Sunter mulai dari Artha Gading sampai Rawa Badak akan berlangsung selama satu bulan.

Diketahui gerebek lumpur sudah dimulai sejak Maret 2021 dan makin masif dengan meningkatkan jumlah alat berat mulai 30 September – Desember 2021. (Dwi.foto.dok. Humas Jakarta Utara)

Related posts