APKASI Otonomi Expo 2022, Komoditi Kelapa Jadi Unggulan Kabupaten Polewali Mandar

Jakarta, GPriority.co.id- Pada ajang APKASI Otonomi Expo 2022, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat pamerkan komoditi kelapa di hari pertama pembukaan di JCC Senayan, Jakarta Pusat, (20/7/2022).

Dr. Hj. Agusnia Hasan Sulur, SP, M.Si selaku Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Polewali Mandar mengatakan bahwa komoditi kelapa memang menjadi unggulan. Karena tanah di wilayah Polman sangat subur sehingga produk olahan kelapa banyak ditekuni oleh masyarakat. Olahan kelapa yang menjadi produk unggulan Kabupaten Polwan adalah minyak kelapa.

“Sekarangkan harga minyak lagi naik, nah makanya kita lagi kembangkan produk lokal kita minyak Mandar murni itu bisa dikembangkan,” kata Dr. Hj. Agusnia, (20/7/2022).

Beliau menjelaskan bahwa produk minyak yang dikembangkan oleh Kabupaten Polwan berupa minyak kelapa murni (VCO) untuk obat dan minyak kelapa untuk masak.

“Ini berbeda loh berbeda dengan minyak-minyak yang ada di pasaran. Kalo menggoreng pakai ini baunya kemana-mana tuh wangi banget,” sambungnya.

Distribusi minyak kelapa dari Kabupaten Polewali Mandar telah tembus ke pasar luar negeri seperti salah satunya adalah Jepang.

“Permintaan minyak VCO Mandar di Jepang termasuk tinggi loh,” ujarnya.

Kelapa memang buah yang bermanfaat, mulai dari pohon hingga sabutnya. Hal ini berlaku pada produk Kabupaten Polewali Mandar lainnya yang memanfaatkan sabut kelapa atau yang sering dikenal dengan cocofiber. Cocofiber juga sebagai salah satu barang yang berhasil diekspor ke luar negeri.

“Permintaan Jepang juga tinggi ya, diekspor juga untuk buat jok mobil. Mobil BMW aja pakai ini,” jelas Dr. Hj. Agusnia.

Selain komoditi kelapa yang telah tembus pasar internasional, ada juga hasil kebun lainnya seperti cokelat di ekspor ke Jepang dan juga kopi yang diekspor ke Jerman dan Prancis.

Dr. Hj. Agusnia juga manyampaikan pesan bahwa kegiatan pameran seperti AOE ini sangat dibutuhkan untuk para pelaku usaha terutama pada pemanfaatan peluang perkembangan. Beliau juga menyampaikan harapan untuk para pelaku usaha di Kabupaten Polewali Mandar.

“Harapan kita kedepan dengan pulihnya kembali perekonomian, kita bisa menggairahkan kembali para pelaku usaha supaya mereka bisa bangkit, mereka bisa memasarkan produknya dan kerjasama dengan berbagai pihak melalui APKASI,” tukasnya. (Gs.Foto.Adi)

Related posts