Audiensi Ganjar Dengan Perantau Jateng di Semarang

Semarang,gpriority-Para perantau yang berasal dari kelas bawah dari berbagai daerah di Jateng yang bekerja serabutan di Semarang mendapat kunjungan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Kamis (23/4).

Ganjar ingin melihat langsung kondisi para perantau tersebut ditengah wabah virus corona.

Dijelaskan Ganjar para perantau tersebut tinggal disebuah bangunan besar dan panjang yang kondisi nya jauh dari layak huni. Mereka tidur diatas tikar atau bekas baliho yang diambil dari pinggiran jalan, tidak ada kasur juga tidak ada perabotan rumah tangga, sebab bangunan itu dihuni 150 orang.

Mereka memiliki lapak sendiri-sendiri untuk sekedar tidur setelah lelah mencari nafkah sepanjang hari. Dengan ongkos sewa perhari Rp 3.000 mereka hidup prihatin dengan bekerja sebagai tukang bangunan, penjual makanan dan minuman asongan, mainan anak-anak hingga penjual buah keliling.

Mereka berasal dari Gombong, Sragen, Purwodadi dan daerah lainnya. Tempat itu dikenal dengan sebutan Pondok Boro yang berada di Kampung Sumeneban, Kota Semarang. Ganjar dengan naik sepeda mendatangi mereka dan masuk ke Pondok Boro dan bertukar sapa langsung dengan para perantau lokal itu.

Yang ditanyakan pertama adalah soal kesehatan, ternyata semua penghuni pondok sehat dan bertanya juga dengan kelangsungan hidup mereka karena wabah Covid-19. Para perantau itupun berebutan mencurahkan keluhannya.

Ganjar langsung akan bantu dengan membayar sewa pondok selama sebulan penuh. Pemerintah Jawa Tengah juga akan mengirimkan bahan makanan agar mereka tidak khawatir dengan nasibnya selama berada di Semarang.(Hs)

Related posts