Bangun Massa Otot dengan Diet Tinggi Protein

Banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh ideal dengan cara melakukan diet. Salah satu diet yang biasa dilakukan yaitu diet tinggi protein.

Jenis diet ini merupakan diet dengan pola makan yang fokus untuk meningkatkan asupan protein dan mengurangi asupan karbohidrat serta lemak. Tak hanya menurunkan berat badan, diet ini juga bermanfaat untuk meningkatkan energi dan menaikan permorma fisik.

Diet tinggi protein biasanya mengonsumsi protein sebanyak 1,2 hingga 1,6 gram per kilogram berat badan, dengan porsi protein tersebut yakni 20-30% dari asupan kalori dalam satu hari.

Misalnya, bagi yang memiliki berat badan 60 kilogram, maka disarankan mengonsumsi protein setiap harinya sebanyak 72-96 gram untuk menjalani diet tinggi protein.

Ada beragam manfaat yang dirasakan dengan menerapkan diet tinggi protein secara rutin tanpa berlebihan, diantaranya mengengangkan perut, membangun massa otot, meningkatkan kualitas diet, dan membakar kalori lebih banyak.

Adapun makan yang bisa menjadi pilihan sebagai protein dengan kalori yang rendah diantaranya:
1. Telur
2. Dada Ayam
3. Dada Kalkun
4. Udang
5. Roti Ezekiel
6. Almond
7. Keju Lembut atau Cottage
8. Susu
9. Daging Sapi Tanpa Lemak
10. Tuna
11. Ikan (semua jenis)
12. Yoghurt Yunani atau Yoghurt Kental
13. Oat
14. Brokoli
15. Quinoa
16. Lentil
17. Biji Labu
18. Kubis Brussel
19. Kacang
20. Jambu Biji

Meskipun menawarkan banyak manfaat, tak menutup kemungkinan ada resiko atau dampak negatif yang perlu diperhatikan dari diet tinggi protein ini, yaitu risiko kekurangan karbohidrat dan serat, menimbulkan sembelit, risiko bau mulut, risiko penyakit jantung jika mengonsumsi sumber protein yang tinggi lemak jenuh, dan risiko batu ginjal (Dw.foto.dok. Istimewa)

Related posts