Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan

Quinoa adalah jenis biji-bijian berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Teksturnya menyerupai kacang, berbentuk pipih, sedikit lonjong, dan berwarna kuning pucat.

Quinoa memiliki kandungan makronutrisi yang baik untul kesehatan tubuh, yaitu lemak, protein, dan karbohidrat. Tak hanya itu, quinoa juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium. Bahkan, berbagai jenis antioksidan ada pada quinoa seperti lutein, zeaxanthin, quercetin, dan kaempferol.

Dengan banyaknya nutrisi dan vitamin yang terkandung, berikut ini beberapa maanfaat dari quinoa.

1. Untuk Diet

Jumlah serat pada quinoa terbilang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari jenis biji-bijian lain. Serat pada quinoa dapat membantu mencapai berat badan ideal.

Makanan berserat membuat  kenyang lebih lama dan mencegah rasa lapar. Serat juga dapat mengurangi timbunan lemak pada tubuh dan mencegah peradangan yang berkaitan dengan obesitas.

2. Melancarkan pencernaan

Serat quinoa tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga baik untuk kesehatan pencernaan. Quinoa mampu mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti konstipasi. Quinoa juga memiliki efek prebiotik yang menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga kesehatan saluran pencernaan tetap terjaga.


3. Mencegah Infeksi

Mengonsumsi quinoa memiliki manfaat bagi sistem imun. Quinoa mengandung polisakarida bioaktif, sejenis karbohidrat yang merupakan antioksidan alami. Selain itu juga meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh yang disebut makrofag. Makrofag berfungsi mendeteksi dan memakan bakteri, sert melindungi tubuh dari infeksi.

4. Mengontrol gula darah

Quinoa bisa memperlambat penyerapan gula dalam tubuh, dan menjaganya tetap stabil, terutama bagi penderita diabetes. Selain itu, quinoa juga termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak.

5. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dan folat yang cukup tinggi membuat quinoa termasuk dalam makanan yang baik untuk mencegah anemia. Nutrisi tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika asupan zat besi dan folat berkurang, tubuh Anda akan rentan terkena anemia. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts