Bansos Tepat Sasaran, Kadis Morowali: Bekerja dari Hati

Rasa kemanusian memang selalu ada dalam diri setiap manusia, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah Arifin Lakane mengaku merasakan kepuasan hati sebagai manusia saat menyalurkan bantuan yang memang seharusnya diterima masyarakat secara tepat.

Ia bercerita bahwa Dinas Sosial ini berbeda dengan dinas-dinas yang lain, sebab tugas Dinsos menyentuh dan berhubungan langsung dengan masyarakat, dan memang harus bekerja dari hati dalam menjalankan berbagai program dari pemerintah.

“Setelah saya masuk ada program membantu untuk jaminan hidup lansia, janda kurang mampu, dan penyandang disabilitas, kemudian ada program jaminan hidup untuk para penghapal Al-Quran yang ada di pondok pesantren,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa untuk program jaminan hidup, pemda memberikan dana sebesar Rp 500 ribu kepada lebih dari 1.000 orang setiap tanggal 10 perbulannya, melalui rekening yang sudah dibuatkan pemda.

Tak hanya jaminan hidup, Arifin juga berusaha untuk melihat sekeliling seperti keadaan rumah yang tidak layak, Ia dapat mengajukannya kepada Bupati agar ditindak sebagai penerima bantuan Rp 50 juga untuk perumahan.

“Jadi tidak hanya mereka terima jaminan hidup yang Rp 500 rb perbulan, tapi juga dari Pemda menyediakan perumahan yang Rp 50 juta, sehingga mereka bisa hidup tinggal di tempat yang layak kemudian kebutuhan dasar mereka juga terpenuhi,” ujarnya

Saat mengemban tugas tersebut, Arifin merasakan ada kepuasan hati sebagai manusia dan penjabat saat memberikan bantuan kepada orang yang tepat dan membutuhkan.

“Harapan saya sesuai dengan visi misi bupati, sejahtera bersama Alhamdulillah tahun ini anggaran kami semakin meningkat, tahun depan juga insyaallah meningkat sehingga orang-orang yang membutuhkan ini semua bisa mendapatkan,”tandasnya. (Dw.foto.dok.Humas Morowali)

Related posts