Berantas Berita Hoax Terkait Pemilu

Jakarta,Gpriority-Dalam acara Rakornas Kehumasan dan Hukum 2019 yang berlangsung di Hotel Bidakara (11/2),  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan,  Indonesia dari sisi infrastruktur digital menduduki urutan no. 4 di Asia. Hal ini dikarenakan banyak sekali kebijakan yang sudah dilakukan Pemerintah, termasuk mengambil kebijakan proyek palapa ring pada tahun 2015. Dengan adanya proyek ini masyarakat bisa menikmati internet dengan kecepatan tinggi.

Tidak berhenti disitu, pria yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan ada banyak sekolah yang belum terhubung dengan internet. Untuk itulah Kominfo akan memasang internet dengan kecepatan tinggi. Hal yang sama juga akan dilakukan pada kantor desa sehingga kemendagri bisa langsung terhubung dengan desa.

Chief RA juga mengatakan Orang Indonesia yang menggunakan medsos hampir 100 juta.Hal inilah yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan melemparkan berita hoax.

Untuk itulah Kominfo segera tanggap dengan menggunakan cyber kreasi untuk mengantisipasinya. Kominfo juga menerima aduan mengenai konten apapun mengenai berita hoax.

Terkait dengan pemilu, kominfo telah melakukan kerjasama dengan KPU dan Bawaslu saat acara kominfo next di Hall Basket Senayan beberapa waktu lalu. Kominfo juga telah memblokir beberapa medsos yang berkaitan dengan hoax pemilu.

“ Semakin dekat dengan pemilu,  ada ratusan berita hoax di dunia maya. Untuk itulah kominfo melakukan penyisiran dan dilakukan peringatan. Kalau sampai ketiga kalinya maka akan dilakukan pembekuan,” tutup Chief RA.(HS.Foto:HS)

Related posts