Beri Peringatan Untuk Pelatih Baru FC Barcelona, Xavi Hernandez: Harap Sabar Anda Akan Menderita

Jakarta, GPriority.co.id – Mantan pelatih FC Barcelona, Xavi Hernandez, kabarnya akan digantikan oleh mantan pelatih timnas Jerman, Hansi Flick. Namun, dalam sebuah kesempatan, Xavi juga memberikan peringatan kepada pelatih baru FC Barcelona. Pasalnya menurut Xavi, siapapun sosoknya, ia harus bersabar karena akan menderita.

Sejak awal tahun 2024, posisi pelatih di FC Barcelona memang sudah berubah-ubah, hingga pada akhirnya Xavi pun dipecat. Di awal bulan Januari lalu, pemain yang juga menjadi legenda di FC Barcelona itu mengaku hendak mengundurkan diri pada akhir musim karena mengalami tekanan di pekerjaannya.

Tak berselang lama sejak Xavi memutuskan untuk mengundurkan diri, performa dari FC Barcelona justru malah membaik. Hingga di awal bulan Mei ini, Xavi menciptakan sebuah kontroversi. Ia memberikan pernyataan yang meremehkan FC Barcelona untuk menyaingi Real Madrid dalam perebutan gelar Liga Spanyol musim depan. Hal tersebut akhirnya membuat dirinya pun dipecat oleh presiden klub, Joan Laporta.

Tak hanya sampai disitu, Xavi juga mewanti-wanti pelatih baru FC Barcelona yang akan menggantikan tahtanya. Namun, lagi-lagi pernyataannya ini juga menimbulkan kontroversial.

“Kepada pelatih baru, saya katakan kepada anda, anda akan menderita. Ini adalah tempat yang sangat rumit. Ini adalah pekerjaan yang sulit dan anda harus bersabar,” ujar Xavi seperti dilansir dari laman Sports Mole.

Lebih lanjut, Xavi juga curhat jika dirinya merasa tidak diapresiasi oleh klub yang ia latih tersebut dan juga membesarkan namanya.

“Saya pikir pekerjaan kami belum cukup diapresiasi. Saya mengambil alih ketika tim berada di peringkat kesembilan, menyelesaikan musim di peringkat kedua, dan memenangkan liga pada musim berikutnya,” jelasnya.

Usai dipecat oleh FC Barcelona, Xavi mengaku butuh waktu untuk istirahat sebentar sebelum menjadi pelatih klub lain. Sempat muncul juga isu terkait dirinya yang akan dikontrak oleh Chelsea, namun tampaknya The Blues sudah memiliki pilihan lain untuk menggantikan pelatih mereka sebelumnya, Mauricio Pochettino.

Foto : FC Barcelona