Berkaca Meninggalnya Hanna Kirana di Usia Muda, Ini Pentingnya Vaksinasi Influenza

Influenza atau flu adalah infeksi saluran pernapasan yang umumnya banyak diderita oleh semua kalangan, apalagi di musim penghujan seperti ini.

Meskipun kerap dianggap sepele, namun penyakit ini dapat menjadi serius dan menimbulkan komplikasi bagi orang-orang tertentu, terutama pada anak kecil, lansia, dan orang yang mengidap penyakit jantung.

Seperti kabar duka yang menimpa dunia hiburan tanah air, yaitu berita berpulangnya pesinetron Hanna Kirana pada usia 18 tahun, karena mengalami gagal jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa flu dikaitkan dengan peningkatan serangan jantung dan stroke. Risiko serangan jantung akan meningkat menjadi 10 kali dan risiko serangan stroke lebih tinggi 8 kali dalam tiga hari setelah infeksi.

Oleh karena itu, vaksinasi flu sangat penting untuk dilakukan. Vaksinasi telah dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari beberapa kejadian jantung di antara orang dengan penyakit jantung. Vaksinasi influenza dapat membantu mencegah serangan jantung, dan dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 45%.

Gagal jantung umumnya menimbulkan gejala seperti sesak napas, kaki bengkak, perut kembung hingga kondisi mudah merasakan kelelahan. Namun untuk mengetahui apakah penyakit yang dialami seseorang merupakan gagal jantung atau bukan, tak cukup hanya berdasarkan satu gejala saja, diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang lebih lanjut.

Adapun beberapa tips mudah untuk menjaga kesehatan jantung, diantaranya makan dengan teratur, jangan sering makan makanan instan dan junk food, perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih, hindari stres dan rutin berolahraga. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang vaksin influenza, Anda bisa segera mengunjungi fasilitas kesehatan dan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan vaksinasi flu yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts