Biar Nggak Ngemil Tengah Malam Sembarangan, Lakukan Hal Ini!

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Unsplash.com

Jakarta, GPriority.co.id— Kamu pernah merasa lapar tengah malam sampai-sampai ngemil? Apalagi kalau mengonsumsi camilan yang tidak sehata sehingga ini menjadi kebiasaan yang tidak sehat.

Adalah hal yang normal ketika merasa lapar di jam tengah malam, bahkan di jam-jam rawan yang harusnya untuk tidur di malam hari.

Bagaimana efek samping dari ngemil di malam hari? Dikutip dari HealthShots, tentu dampak yang terjadi adalah pertumbuhan berat badan, di mana ini terjadi ketika mengonsumsi banyak kalori.

Selain itu, juga berdampak pada kesehatan mental, salah satunya merasa bersalah, tertekan, dan juga malu.

Ada tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ngemil di jam tengah malam. Simak berikut ini.

Tambahkan sumber protein ke dalam makanan

Mengonsumsi camilan di tengah malam sangat penting untuk menambahkan sumber protein di dalamnya. Antara lain ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, serta yogurt.

Tambahkan makanan kaya akan serat

Mengonsumsi camilan tengah malam yang sehat, juga penting untuk menambahkan makanan kaya akan serat. Seperti halnya buah-buahan dan sayuran, serta sereal tinggi serat.

Makanan kaya akan serat dapat mengendalikan rasa lapar tanpa mengurangi nutrisi.

Kurangi gula dan karbohidrat sederhana

Perlu juga untuk mengurangi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana.

Sebab, ini dapat menyebabkan lonjakan sehingga memicu rasa ingin ngemil terus-menerus.

Tetap terhidrasi

Untuk mengendalikan rasa lapar di tengah malam, pastikan tubuh cukup minum air putih sepanjang hari. Konsumsi air putih sebelum tidur, ya.