Bolehkah Berpuasa Tanpa Makan Sahur?

Agar esok hari tubuh tetap fit saat berpuasa, para alim ulama menyarankan untuk makan sahur. Namun banyak juga yang tidak melaksanakan makan sahur, dikarenakan terlambat bangun.

Sayangnya mereka yang terlambat makan sahur seringkali tidak melaksanakan puasa. Sebab mereka beranggapan tidak sah puasanya apabila tidak melaksanakan sahur.

Berbekal alasan itulah makanya dalam tulisan kali ini, Gpriority mengupas mengenai hukum puasa tanpa makan sahur? Apakah memang benar tidak sah puasanya?

Dikutip dari NU online, meski Rasullah menganjurkan makan sahur, namun tidak ada hadis atau dalil yang mewajibkan seseorang untuk makan sahur, sehingga puasa seseorang tetap sah meskipun tidak melaksanakan sahur.

Kutipan NU online diperkuat dengan hadis yang diriwayatkan Muslim, Nasai dan Turmudzi. “Dari Aisyah RA berkata, ‘Suatu hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui kami dan bertanya, ‘apakah engkau punya makanan?’ Kami menjawab, ‘Tidak.’ Kemudian beliau bersabda, ‘Kalau begitu, saya akan puasa’.”

Hadits ini menjelaskan Nabi memutuskan berpuasa karena tidak ada makanan di rumah. Padahal, sebelumnya Nabi tidak berniat untuk berpuasa. Ini menunjukkan malam harinya Nabi tidak sahur. Tetapi keesokan harinya Nabi berpuasa.

Jadi hukum puasa tanpa makan sahur adalah sah karena sahur bukanlah syarat wajib puasa. (Hs)

Related posts