Buka AOE 2022, Tito Karnavian: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Jakarta,GPriority.co.id-Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) berhasil menjadi tulang punggung ekonomi nasional di masa Pandemi.

Hal inilah yang dikatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian saat memberikan sambutan pembukaan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 yang berlangsung di JCC Senayan Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Mendagri Mencontohkan Yogyakarta. Selama Pandemi hingga saat ini kondisi ekonomi Provinsi D.I. Yogyakarta terbilang stabil. Bahkan masuk ke dalam 4 besar Provinsi setelah Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi.

” Penasaran saya bertanya kepada Gubernur D.I.Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono. Sri Sultan mengatakan bahwa stabilnya perekonomian mereka hingga mencapai +4 disebabkan oleh UMKM,” kata Mendagri M.Tito Karnavian.

” Sri Sultan langsung menggerakkan UMKM melalui platform digital. Hasilnya sangat luar biasa dan mampu menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia maupun Yogyakarta,” tambah Tito Karnavian.

Tito berharap langkah ini diikuti oleh daerah lainnya sehingga perekonomian Indonesia terus tumbuh dan tidak mengalami inflasi.

” UMKM kini sebagai ujung tombak kebangkitan ekonomi. Karena mereka tidak akan lari jika Indonesia mengalami inflasi, justru sebaliknya turut mengangkat agar bangkit kembali dan Alhamdulillah terbukti dengan semakin berkurangnya inflasi di daerah. Untuk itulah sisi positif ini harus terus dipertahankan,” kata Tito.

Tito dalam kesempatan tersebut juga berterima kasih kepada Apkasi yang secara konsisten menggelar AOE termasuk saat Pandemi memasuki tahun ke-2 yakni 2021. Hadirnya AOE di tahun tersebut terbukti mampu membawa kebangkitan ekonomi dengan hadirnya investor di daerahnya.

Tito berharap dengan bertambahnya peserta, investor-investor bisa semakin banyak menanamkan modal mereka sehingga kebangkitan ekonomi Indonesia yang sudah bagus ini bisa terus menanjak.(Hs.Foto.Hs)

Related posts