Buka Bimtek Aplikasi Srikandi, Bupati Fakfak Ajak Seluruh OPD Memaksimalkan Aplikasi

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: Pemkab Fakfak

Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si membuka dengan resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Srikandi, yang berlangsung di Gedung Serbaguna Gereja GPI Ebenhaezer Fakfak, Selasa (25/7).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Fakfak melalui Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan. Kerjasama Pemkab dan Arsip Nasional Republik Indonesia (AN-RI).

Bupati Untung Tamsil menyampaikan, saat ini kita semua masuk pada dekade atau fase bekerja menggunakan digital. Untuk itulah Aparatur Sipil Negara (ASN) hari ini dituntut mengikuti perkembangan zaman.

“Perlu saya sampaikan bahwa, saya dan Ibu Wakil Bupati juga berkomitmen sesuai Visi dan Misi yang ditetapkan dalam RPJMD yaitu menyelenggarakan pemerintahan dengan berbasis elektronik,” ujar Bupati Untung dalam keterangan resminya.

Bupati Untung Tamsil menjelaskan bahwa dalam pemahaman dirinya kadang kala menganggap arsip ini masalah sepeleh, tetapi ketika ada sebuah masalah hukum arsip sangat penting dan dibutuhkan.

Ia berharap seluruh peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikan aplikasi srikandi di lingkungan dinasnya masing-masing.

“Saya berpikir arsip ini harus terus dilakukan dan ditata dengan baik, karena arsip sangat penting. Untuk itu saya berharap kita sebagai ASN, baik di OPD hingga semua bidang sampai Distrik dan Kelurahan, kita harus perlu memaksimalkan aplikasi ini dalam membantu proses kearsipan kita, karena arsip ini sangat penting sekali,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan, Ferdinand Pihiwi menjelaskan bahwa bimbingan teknis ini merupakan implementasi aplikasi dinamis terintegrasi Srikandi di Pemerintah Kabupaten Fakfak.

“Ini juga didasari oleh Visi dan Misi Pembangunan Daerah yaitu Visi Fakfak Tersenyum guna mewujudkan Misi ke tiga yaitu, Meningkatkan kinerja pemerintahan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efesien dan akuntabel berbasis pelayanan elektronik,”Kata Ferdinand.

Dijelaskannya lagi bahwa Aplikasi Srikandi ini sebagai solusi tepat maka tepat pula yang dibuat oleh Kominfo Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Arsip Nasional.

“Ini juga salah satu indikator keberhasilan di Pemerintah Daerah. Perlu diketahui bahwa Dinas Kearsipan menyelenggarakan kegiatan ini bekerjasamaa dengan arsip nasional RI. Srikandi adalah instrumen pengelolaan arsip nasional dengan berbasis elektronik,”Ujar Pihiwi.

Sambung Ferdinand Pihiwi, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dibidang surat menyurat dan surat seluruh OPD dapat lebih cepat dan terarah untuk efektif dalam menyelenggerakan Pemerintahan Daerah.

“Narasumber dalam bimtek ini adalah yang kompeten dibidangnya, masing-masing dari Arsip Nasional. Serta Peserta juga diikuti oleh seluruh OPD yang diikuti oleh Kasubbag Kepegawaian dan admin,”ujarnya.

Kegiatan bimtek ini dibuka secara resmi olej Bupati Fakfak Untung Tamsil yang ditandai dengan menabuh tifa sebanyak lima kali.