Bupati Beltim Temukan Produk Makanan Beredar Sudah Kadaluarsa

Bupati Belitung Timur, Burhanudin menemukan produk yang kadaluarsa dan produk yang menggunakan label dengan masa edar tahun 2017 (format lama) yang masih dipergunakan namun produknya baru.

Hal tersebut Ia temukan saat melakukan intensifikasi pengawasan pangan menjelang natal dan tahun baru, Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Belitung, di Pasar Manggar, Senin (20/12/21).


Ada dua temuan yang didapat dari Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Belitung, Bupati Belitung Timur (Beltim) dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) saat melakukan intensifikasi pengawasan pangan menjelang natal dan tahun baru, Senin (20/12) di Pasar Manggar.

Bupati pun mengatakan bahwa produk-produk tersebut jangan sampai beredar lagi di pasaran. Jangan sampai masyarakat membeli produk tersebut dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

“Kita minta Loka Pom untuk memanggil pihak produsennya untuk mengingatkan kembali terhadap kesalahan label yang mereka gunakan termasuk masa izin edar, kesehatan dan segala macamnya,” pesannya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli produk pangan di pasaran, dan untuk lebih teliti dalam melihat tanggal kadaluarsa.

Kepala Loka POM Belitung Singgih  Prabowo Adi akan menindaklanjuti distributor produk dari Tanjung Pandan tersebut.

“Menjelang Natal dan Tahun baru ini kita tingkatkan kinerja intensitas pemeriksaan, karena produk-produk akan masuk banyak, kebutuhan masyarakat juga banyak terkait obat dan makanan” katanya.

Singgih mengaku saat ini tindakan yang dilakukan oleh Loka Pom Belitung terkait temuan tersebut adalah pembinaan.

”Sampai sejauh ini kita lakukan pembinaan karena tidak ditemukan unsur-unsur yang bisa kita yustisikan” tambah singgih. (Dw.foto.dok.Diskominfo Beltim)

Related posts