Cara Mencegah Penyakit Di Saat Musim Hujan Tiba

Jakarta,Gpriority-Flu, Kudis, DBD,Diare dan penyakit lainnya selalu mengintai Anda di kala musim hujan tiba. Nah, kalau sudah terkena penyakit tersebut sudah dapat dipastikan aktifitas yang Anda lakukan bisa terganggu, tidak mau kan?

Jangan panik dulu, sebab Anda bisa melakukan pencegahannya. Seperti apa pencegahannya? Berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut menyerang tubuh Anda.

1.Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan kunci utama untuk mencegah penyakit datang ke tubuh Anda. Untuk itulah Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur,rajin berolahraga, menjaga kualitas tidur, minum air putih sebanyaknya, hindari minuman beralkohol,berhenti merokok, kurangi stres.

2.Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Kebersihan merupakan sebagian dari Iman.  Hadits tersebut tentunya sering Anda dengar di sekolahan. Dan karena hadits itu pulalah kita selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Kenapa harus bersih? Karena dengan menerapkan pola hidup bersih kita akan terhindar dari kuman, virus atau bakteri yang ikut terbawa melalui aliran hujan.

3.Kebersihan Makanan Harus Diperhatikan

Di musim hujan ini banyak sekali makanan dan minuman yang terkena bakteri. Untuk itulah Anda harus selalu memperhatikan kebersihan makanan sebagai pencegahan penyakit di musim hujan. Cara mencegah penyakit di musim hujan, yaitu: Pastikan Anda merebus air minum Anda hingga mendidih.Mencuci bersih buah, sayur, dan bahan makanan Anda.Selalu gunakan air bersih.Pastikan makanan yang Anda konsumsi bersih dan sehat.Jaga lingkungan untuk menghindari lalat berkembang biak.Cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

4.Hindari Aktivitas di Tengah Hujan

Hujan dapat turun di waktu yang tidak terduga, seperti mungkin saat Anda sedang berjalan atau mengendarai motor di jalanan. Bermain hujan-hujanan mungkin menyenangkan, terutama bagi anak kecil, namun aktivitas ini dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit.

Terkena hujan dalam intensitas yang lebat dan lama dapat membuat daya tahan tubuh Anda lemah dan menyebabkan Anda terkena batuk, pilek, dan demam.Selain itu, genangan air hujan atau banjir meningkatkan risiko infeksi jamur penyebab penyakit leptospirosis. Leptospirosis adalah kondisi ketika luka terbuka terpapar air, vegetasi, genagangan kotor yang terkontaminasi bakteri leptospira.

Cara mencegah penyakit musim hujan yang paling efektif adalah dengan selalu membawa payung, jaket, atau jas hujan untuk mencegah diri Anda kehujanan.

5.Mencegah Demam Berdarah Dengue

Demam dengue adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang dapat berkembang lebih pesat di musim hujan.Berikut ini adalah cara mengatasi penyakit di musim hujan, yaitu:Menutup tempat penampungan air untuk mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak.Bersihkan atau kuras tempat penampungan air minimal seminggu sekali.Bersihkan selokan atau saluran air.Mengubur atau membuang barang-barang bekas yang dapat menampung air berupa botol, plastik,  dan kaleng. Jangan biarkan ada tempat penampungan air yang jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti. Bila perlu, Anda juga disarankan untuk melakukan fogging dengan benar atau menggunakan bubuk abate yaitu obat pembunuh jentik nyamuk. 

6.Mengkonsumsi Vitamin Tambahan

Vitamin C tambahan wajib untuk Anda konsumsi. Sebab vitamin C tambahan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun yang paling penting adalah Anda harus menjalankan pola makan sehat seperti asupan buah dan sayur yang sesuai kebutuhan Anda.

Sumber makanan tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin secara alami untuk meningkatkan sistem imun serta menjaga kesehatan tubuh secara alami. (Hs)

 

Related posts