Jakarta, GPriority.co.id, – Handry Wahyu atau lebih akrab disapa Chef Handry, merupakan seorang Chef profesional yang sudah melanglang buana di dunia kuliner Indonesia. Dalam agenda Bimtek yang diselenggarakan oleh Pemkot Jakarta Utara pada Kamis (12/9), Chef Handry membagikan 12 cara agar bisnis F&B dapat bertahan lama.
Menurut Handry, konsep bisnis restoran dapat bertahan lebih lama daripada konsep kafe. Karena, pada umumnya kafe menjual suasana. Sedangkan restoran menjual rasa makanan.
“Masih banyak orang membuat bisnis F&B asal-asalan. Padahal bisnis semacam ini rawan sekali bangkrutnya,” ujar Handry.
Berikut ini 12 cara agar bisnis F&B anda bertahan lama, menurut Chef Handry.
1. Pahami keunikan produk
2. Pahami target pasar
3. Buat konsep bisnis
4. Desain produk
5. Tentukan lokasi usaha
6. Buat rencana anggaran
7. Buat SOP
8. Rekrut pegawai
9. Promosikan via sosmed
10. Daftar Google Bisnisku (Google My Business)
11. Buat website
12. Gunakan aplikasi pembukuan.
Dari 12 poin tersebut, Chef Hendry mengatakan, para pemilik bisnis F&B masih banyak yang menyepelekan poin ke-12. Padahal aplikasi pembukuan sangat penting dan efisien dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama bisnis F&B.
“Laporan keuangan buat saya sangat penting untuk melihat bisnis kita untung atau tidak. Dan juga menjadi acuan apakah bisnis kita mau lanjut atau tidak,” katanya.
Disisi lain menurut Chef Handry, pemilik bisnis F&B perlu membuat satu unique selling dari produk yang dijual dan melihat potensinya. Perlu juga membuat suatu menu yang jadi ciri khas dari bisnis yang dimiliki.
Membandingkan dengan kompetitor juga perlu. Bahkan tidak salah jika ingin men-copy bisnis milik kompetitor. Namun jangan 100%, karena orang akan membandingkannya.
“Tiga bulan pertama yang datang itu hanya mencoba. Bukan customer kita. Tapi disaat ramai, jangan sampai kita sendiri belum siap. Misalnya bahan makanannya belum siap, masaknya masih lama, atau bahan baku tidak bagus. Bisa jadi juga tamu yang datang adalah kompetitor kita,” ujar Chef Handry.
Terakhir Chef Handry mengatakan, jika bisnis F&B bisa bertahan sampai 3 tahun, maka peluang bisa bertahan lebih panjang pun semakin besar.
“Satu kuncinya, tidak ada masalah keuangan. Salah satunya yaitu pentingnya membedakan uang bisnis dan pribadi, salah satunya. Selain itu bisnis F&B juga perlu riset pasar. Bukan hanya berpikir menjual makanan yang enak,” tegasnya.
Foto : GPriority / Nindya Farhah Azzahrah