Dari Jakarta ke Penajam Paser Utara

Jakarta,Gpriority-Hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang bertanya-tanya kenapa Presiden Joko Widodo memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara.

Agar masyarakat tidak terlalu banyak bertanya, Sekretaris Kabinet dalam laman medsosnya pada Kamis (4/10/2021) mengungkapkan alasannya.

Yang pertama,Lokasinya strategis, karena berada di tengah-tengah Indonesia. Spesialnya lagi, Penajam berdekatan dengan kota berkembang di Kalimantan, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Tak kalah penting, infrastrukturnya sudah cukup lengkap. Kalau mau dikembangkan, sudah tersedia 158 ribu hektare lahan pemerintah yang siap dibangun.

Kedua, di Penajam Paser Utara jumlah penduduknya masih sedikit sehingga memungkinkan untuk menampung penduduk dari daerah lainnya yang sudah mulai padat.

Ketiga, Jakarta sudah tidak bisa menampung penduduk lagi. jika terus dipaksakan sudah pasti kemacetan akan terjadi di mana-mana.

Keempat Jakarta sudah terlalu padat sehingga menyebabkan abrasi dan juga banjir.

Dan terakhir,Perekonomian Penajam Paser Utara sudah dinilai cukup baik. Mereka punya sumber daya alam yang melimpah, khususnya di sektor perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, dan pertambangan.

Dengan adanya program pemindahan ibu kota Indonesia, tentunya akan semakin banyak investor yang melirik kawasan ini.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts